(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SUPORT GEMA UMK, KADISDIKPORA BORONG PRODUK LOKAL BULELENG

Admin disdikpora | 08 Desember 2022 | 321 kali

SUPORT GEMA UMK, KADISDIKPORA BORONG  PRODUK LOKAL BULELENG

Singaraja, Kamis 8 desember 2022 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M hari ini menghadiri Gema UKM Buleleng bertema  “ mewujudkan UKM naik kelas yang tangguh, adaptif, dan kolaboratif mendukung transformasi ekonomi kerti Bali bertempat di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Kamis 8/12/22.


Setelah mengikuti acara seremonial, Kadisdikpora Buleleng berkesempatan untuk berbelanja di stand-stand UKM yang ada di area Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, sembari menemani Penjabat Bupati Buleleng, Ir. Ketut ihadnyana, M.M.A berkeliling melihat stand UKM.


Sebelumnya, Pj Bupati Buleleng dalam sambutanya menyampaikan bahwa Gema UKM Buleleng yang diselenggarakan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng  merupakan wujud nyata bagaimana kita bisa tetap menumbuhkan kebanggaan serta mengembangkan kekayaan keragaman olahan pangan lokal dan kekinian buleleng, produk herbal, fhashion, produk kerajinan dan berbagai produk unggulan lainnya agar memberikan manfaat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat buleleng.


Lebih lanjut diampaikan bahwa “kita harus bangga produk lokal ungulan ukm buleleng.  penguatan kapasitas dan pemberdayaan pelaku umkm pada aspek perijinan,  kemasan, inovasi, dan pemasaran agar dilakukan berkesinambungan. rebranding produk kreatif dan kekinian ukm buleleng berbasis kearifan lokal dan berorientasi pasar saat ini  merupakan tantangan dan peluang bagi kita untuk bangkit dan  maju bersama”.ungkap Pj. Bupati Buleleng.


Pada Kesempatan ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng juga ikut dalam acara parade Bangga Berkebaya dengan menggunakan produk local.Perlu diketahui bersama bahwa Gema UKM Buleleng bertema  “ mewujudkan UKM naik kelas yang tangguh, adaptif, dan kolaboratif mendukung transformasi ekonomi kerti Bali berlangsung selama dua hari dimulai dari hari kamis tanggal 8 sampai besok jumat 9 desember 2022.



Gema UKM Buleleng ini, dikuti oleh pelaku UMKM bidang pangan/olahan makanan dan minuman, produk pertanian, para pengrajin / kraft, endek / tenun. kuliner, sentra rintisan ikm serta pelaku ukm lainnya mengikuti pamer produk sejumlah 85 orang peserta.