(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENUTUPAN WORKSHOP UJIAN BERBASIS KOMPUTER DARING (UBKD) DAN PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT(PISA)

Admin disdikpora | 29 Januari 2021 | 158 kali

PENUTUPAN WORKSHOP UJIAN BERBASIS KOMPUTER DARING (UBKD) DAN PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT(PISA)

Tukadmungga, Jumat 29 Januari 2021|DISDIKTODAY
Seijin Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng,hari ini Kegiatan Workshop Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) Dan Programme For International Student Assessment(PISA) secara resmi ditutup Kabid Pembinaan SMP, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd didampingi Kasi Kurikulum SMP, I Gusti Ngurah Agung Sukrisna, S.Sn, bertempat di Hotel Bali Taman Resort and Spa, Jumat (29/1/21).

 

Dalam pembacaan sambutan Kadisdikpora dapat disampaikan bahwa setelah mengikuti kegiatan para peserta ini diharapkan mampu menjadi Pengelantan (corong) informasi bagi seluruh stakeholder pendidikan di satuan pendidikannya masing-masing serta dimasyarakat, bahwa Asesmenn Nasional merupakan kebijakan Pemerintah dalam bidang pendidikan yang harus kita kawal bersama dan tentunya harus kita sukseskan. Asesmen Nasional memiliki posisi yang strategis untuk mengetahui sejauh mana potret kualitas pendidikan kita, sehingga dengan demikian dapat diambil kebijakan-kebijakan tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita.

 

Selain itu, diharapkan juga para peserta dapat menjadi Garda Terdepan serta
Agent of Change (Agen Perubahan) dalam merubah paradigma pembelajaran dewasa ini dari paradigma pebelajaran yag menekankan pada kognitive, mejadi paradigma pembelajaran berbasis HOTS (Higher Orther Thinking Skills).Artinya Goals (Tujuan) pembelajaran) selainmenekankan pada kognitive harus juga sesuai konten, dan konteks tanpa melupakan character buildings (membangun karakter) yang kuat. Di era disrupsi dewasa ini peguasaan terhadap konten, konteks dan kognitive serta karakter menjadi modal utama dalam menghadapi globalisasi. Sehingga generasi selanjutnya disamping memiliki pengetahuan dan penguasaan terhadap ilmu dan teknologi punjuga memiliki karakter yang kuat.

 

Selanjutnya sebelum acara penutupan selesai diserahkan piagam penghargaan oleh Kabid PSMP kepada para peserta terbaik di kelas A dan B selama mengikuti kegiatan workshop ini.Pelru diketahui kegiatan wokshop ini sudah dilaksanakan dari Senin, 25 Januari 2021 sampai dengan hari ini Jumat, 29 Januari 2021 dengan melibatkan narasumber dari Widya Iswara LPMP Bali

 

Sementara itu, Skema kegiatan Workshop Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) dan dan PISA (Programme for International Student Assessment) dengan model Classroom (klasikal) dengan pendekatan Blended Learning (Pembelajaran Campuran). Adapun pendekatan pembelajaran yang dilakukan diantaranya 1) Pemaparan Materi oleh Narasumber, 2) Diskusi antara peserta dengan narasumber, 3) Teks Home yang dikerjakan oleh peserta, 4) Diskusi kelompok oleh peserta, 5) Presntasi hasil diskusi kelompok oleh peserta dan 6) Simulasi penggunaan aplikasi dan bedah soal. Untuk Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru perwakilan dari 74 SMP Se-Kabupaten Buleleng, dan dibagi menjadi 2 kelas sebagai berikut: 1) Kelas A/Ruang Bougenvill : 37 orang dan 2) Kelas B/Ruang Frangifani : 37 orang

Terakhir ucapan terima kasih juga disampaikan kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dengan baik, dan ikut berkontribusi dalam proses pembelajaran di kegiatan ini melalui diskusi, penyampaian ide-ide kreatidf, saran dan masukan. Tentunya hal ini akan menjadi kontribusi juga dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng khususnya.