(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PELAKSANAAN UJI KESETARAAN PAKET A & PAKET B 2023

Admin disdikpora | 22 Mei 2023 | 904 kali

PELAKSANAAN UJI KESETARAAN PAKET A & PAKET B 2023


Singaraja, Minggu 21 Mei 2023 l DISDIK TODAY

Uji Kesetaraan merupakan Proses asesmen yang menyetarakan hasil pendidikan nonformal dengan pendidikan formal serta pengakuan hasil pendidikan informal sama dengan pendidikan formal dan nonformal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Uji kesetaraan Jenjang Paket A dan Paket B di Kabupaten Buleleng yang dimulai pada Minggu, 21 Mei 2023 terbagi menjadi 2 gelombang, dan per gelombangnya terbagi 2 sesi.

Uji Kesetaraan paket A dan Paket B tahun ini diikuti oleh 9 Lembaga masing-masing 8 PKBM , 1 SKB dengan jumlah total peserta Paket A terdaftar sebanyak 55 orang, dan pada jenjang Paket B dengan jumlah total 152 di bagi atas 2 gelombang, dan 2 sesi dimana sesi 1 di isi dengan mata uji Literasi dan sesi 2 dengan mata uji Numerasi.

Lokasi uji kesetaraan terletak di beberapa lembaga pendidikan dengan status menumpang ataupun mandiri. Berikut lokus tahun ini yang pertama di  UPTD SKB Buleleng, Paket B total 14 orang, lokasi ujian di UPTD SKB Buleleng dengan status mandiri.Kedua di PKBM Widya Aksara, Paket A terdaftar 2 Orang dan Paket B terdaftar 43 Orang, lokasi di PKBM Widya Aksara Desa Tigawasa Kec. Banjar dengan status Mandiri, Ketiga PKBM Hasta Kria, Paket A terdaftar 53 orang, dan Paket B terdaftar 35 orang, lokasi ujian di SMP Negeri 3 Singaraja dengan status menumpang. Keempat PKBM Widya Dharma  Paket B terdaftar 13 orang , lokasi uji di SMK Negeri 3 Singaraja dengan status menumpang, Kelima PKBM Sari Mertha  Paket B terdaftar 13 orang, lokasi uji di SMP Negeri 1 Singaraja dengan status Menumpang, Keenam, PKBM Lestari , Paket B 7 orang, lokasi uji di PKBM Lestari Desa Sumberkima Kec. Gerokgak dengan status Mandiri, Ketujuh PKBM Puspita Jaya, Paket B terdaftar 9 Orang, lokasi uji di SMP Negeri 4 Seririt dengan status menumpang, Kedepalan PKBM Amartha Yoga  Paket B terdaftar 14 orang, lokasi uji di SMP Negeri 1 Gerokgak dengan status menumpang dan yang terakhir di PKBM Widya Bhakti Pertiwi Paket B terdaftar 4 orang, lokasi uji di UPTD SKB Buleleng dengan status menumpang.


Tim asessmen Disdikpora Kabupaten  Buleleng mengawal pelaksanaan melalui dua tim, ada yang memantau lewat sistem bertempat di Room Assessment Centre dan ada juga melakukan pemantauan secara langsung ke lapangan terhadap pelaksanaan ujian. Sampai berakhir sesi pada hari ini, terpantau tertib dan lancar. Untuk absensi peserta, tercatat jenjang Paket A terdaftar 55 orang pada gelombang pertama, yang hadir ikut ujian sebanyak 55 orang atau semua hadir dan pada jenjang paket B terdaftar 152 orang, tidak hadir 2 orang dengan alasan kerja di luar daerah.