(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TINGKATKAN MUTU GURU DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS)

Admin disdikpora | 29 April 2023 | 564 kali

TINGKATKAN MUTU GURU DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS)


SABTU, 29 APRIL 2023 | DISDIKTODAY


Sore ini, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ni Luh Putu Lasmini, S.H.,M.Pd selaku Kasi GTK SD, didampingi oleh Putu Sukradati, M.Pd selaku Korwil Disdikpora Kecamatan Sukasada dan Putu Ada, S.Pd.,M.Pd selaku Narasumber menghadiri sekaligus membuka kegiatan seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru-guru dan Hasil Penelitian Tindakan Sekolah bagi Kepala Sekolah Se-Kabupaten Buleleng dengan jumlah peserta 40 orang bertempat di SDN 3 Sambangan, Kecamatan Sukasada.


Kasi GTK SD Disdikpora Buleleng menyampaikan Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah merupakan salah satu elemen penting dalam upaya meningkatkan kualitas belajar siswa. 


Apabila guru, menemukan sesuatu yang mempengaruhi siswa dan berlanjut, guru  harus segera menemukan solusi untuk masalah tersebut, salah satu cara untuk menemukan pemecahan masalah adalah dengan melakukan penelitian di kelas (PTK Guru), begitu juga dengan penelitian di sekolah bagi Kepala Sekolah (PTS).


Ditegaskan juga bahwa tujuan dalam PTK/PTS untuk memperbaiki pola mengajar guru, memperbaiki perilaku siswa, meningkatkan praktik pembelajaran, mengubah kerangka kerja guru dalam mengajar sehingga terjadi peningkatan pelayanan profesional guru.


Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dibantu oleh Pengawas Managerial di Disdikpora agar kegiatan belajar mengajar lebih terarah dan juga materi pembelajaran diberikan agar mudah dipahami oleh siswa.


Hal ini akan memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan mutu di bidang akademik dan karir guru di lingkup satuan pendidikan. 


Pada akhir sambutannya, Kasi GTK SD Disdikpora Buleleng mengharapkan PTK/PTS yang merupakan  pembelajaran di kelas dan di lingkungan sekolah bisa sejalan dengan perkembangan zaman di era digitalisasi dan menjadikan kegiatan PTK/PTS ini sebagai budaya untuk meningkatkan mutu GTK khususnya, yang mana hal ini akan sangat mempermudah guru/kepala sekolah untuk melaksanakan PTK/PTS di kelas dengan sasaran ke siswa dan di sekolah dengan sasarannya semua unsur yg ada di sekolah tersebut sehingga pencapaian pembelajaran secara berdeferensiasi bisa terwujud.