(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

ARAHAN KEPALA DINAS TERKAIT PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

Admin disdikpora | 11 April 2023 | 313 kali

Singaraja, Senin, 11 April 2023 l DISDIKTODAY


Kegiatan upacara pagi ini, Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., dipimpin Sekretaris Disdikpora, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,M.A.P sebagai pembina upacara.


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng  Made Astika, S.Pd., M.M, menyatakan dalam arahan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua informasi publik yang dikelola oleh Dinas Pendidikan pemuda da Olahraga Kab. Buleleng  tersedia dengan mudah bagi masyarakat. "Kami percaya bahwa akses yang lebih baik terhadap informasi publik akan memungkinkan partisipasi masyarakat yang lebih besar dalam pengambilan keputusan dan meningkatkan akuntabilitas pemerintah," Made Astika, S.Pd., M.M selaku kepala dinas “


Berikut beberapa poin kunci dalam arahan tersebut:


1. Koordinasi lintas bidang internal dalam upaya meningkatkan koordinasi, Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga harus melakukan koordinasi rutin  dalam hal pelayanan informasi  untuk memastikan bahwa informasi publik yang relevan tersedia secara terpadu. Ini akan membantu mencegah tumpang tindih informasi dan memastikan konsistensi dalam penyampaian data.


2. Pendokumentasian yang Akurat Dokumentasi informasi akan diperbarui secara teratur dan dilakukan dengan ketelitian tinggi. Hal ini termasuk data mengenai program-program pendidikan, kegiatan pemuda, dan olahraga yang tersedia di Kabupaten Buleleng. Dokumentasi yang akurat adalah langkah penting dalam memastikan integritas informasi.


3. Penyediaan Informasi Publik yang mudah diakses. Pemanfaatan portal website serta medsos untuk menshare informasi publik. Portal dan medsos akan memungkinkan masyarakat untuk dengan mudah mencari dan mengakses informasi yang mereka butuhkan. Selain itu, informasi juga akan tersedia dalam berbagai format untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat.


4. Pelayanan Informasi Publik yang Responsif Pelayanan informasi publik yang cepat dan responsif akan menjadi fokus utama. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Buleleng Telah  menyediakan petugas yang siap membantu masyarakat dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan dan menjawab pertanyaan yang mungkin timbul.


5. Pelatihan dan kesadaran Informasi Publik dalam mendukung arahan ini, Dinas akan menyelenggarakan bimbingan untuk stafnya agar lebih memahami pentingnya informasi publik dan tanggung jawab mereka dalam mengelola informasi ini dengan baik.


Dengan arahan  ini, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk menjadi pionir dalam meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi publik.