(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA DORONG GURU MANFAATKAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Admin disdikpora | 16 Desember 2022 | 339 kali

KADISDIKPORA DORONG GURU MANFAATKAN  PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Pancasari, Jumat 16 Desember 2022 | DISDIKTODAY

“Platform Merdeka Mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik dan Guru dapat membangun hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi. Jadi guru bisa memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar sebagai wadah guru untuk Mengajar, Belajar dan Berkarya.”


Petikan kalimat diatas merupakan segelintir penyampaian Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M saat membuka secara resmi acara Optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SD N 1 Pancasari, 16/12/22 pagi.


Kepala Disdikpora Made Astika menerangkan bahwa Platform Merdeka Mengajar saat ini memang masih awam dan belum di mengerti oleh  para guru-guru kita di satuan Pendidikan.Melalui Optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang dimotori oleh Kelompok kerja kepala sekolah (K3S) Kecamatan Sukasada diharapkan  guru dan kepala sekolah bisa memahami sekaligus nantinya bisa memanfaatkan Platform tersebut.


Hal ini penting untuk dipahami dan dilaksanakan  karena banyak referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Di sini, para guru dapat saling berbagi seputar praktik mengajar dan juga inovasi pembelajaran kepada guru-guru lain di Platform Merdeka Mengajar. Ada beragam RPP bahan ajar, modul proyek, buku murid, dan juga asesmen murid yang tersedia di dalamnya.


Lebih lanjut, dengan adanya pemahaman tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar, kita juga mendorong guru-guru untuk mendaftar sebagai calon guru penggerak sehingga setiap sekolah di kecamatan Sukasada ada guru penggeraknya.Dengan adanya guru penggerak kedepannya kita lebih mudah untuk mencari calon kepala sekolah di satuan Pendidikan.”ujar Kadisdikpora Buleleng.


Selain kegiatan Optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar yang diikuti kepala sekolah dan guru se-Kecamatan Sukasada, juga dilaksanakan penyesuaian Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) guru dan tenaga kependidikan juga sudah dilaksanakan dan dapat dipahami oleh seluruh stakeholder di kecamatan Sukasada.


Sementara itu, dari penyampaian Korwil Disdikpora Kecamatan Sukasada, Putu Sukradati.M.Pd  bersama Korwas Putu Murtini.M.Pd menyampaikan bahwa  kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari hari kamis tanggal 15 dan hari jumat tanggal  16 Desember 2022.Sementara itu, sebagai motor penggerak kegiatan ini adalah Kelompok kerja kepala sekolah (K3S) Kecamatan Sukasada dengan tujuan memberikan pemahaman dan pengertian kepada kepala sekolah dan guru tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar beserta implementasinya dengan didukung narasumber  dari kapten belajar.id, Komang Budiadnya, S.Pd, sebagai pemateri.