(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA HADIRI RAPAT EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN PEMBANGUNAN DAERAH TW 1 TAHUN 2023

Admin disdikpora | 13 April 2023 | 747 kali

KADISDIKPORA HADIRI RAPAT EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN PEMBANGUNAN DAERAH TW 1 TAHUN 2023


Singaraja, Kamis 13 April 2023 l DISDIKTODAY

Pagi ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M menghadiri Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kegiatan Pembangunan Daerah Triwulan 1 Tahun 2023 di Ruang Rapat Unit IV Setda Kabupaten Buleleng, Kamis 13/4/23.

Dari laporan Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos, M.A.P., menyampaikan bahwa pelaksanaan program/kegiatan pembangunan yang telah disusun pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Semesta Berencana Kabupaten Buleleng Tahun 2023, disamping berdasarkan pada evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun sebelumnya, juga berpedoman pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Buleleng Tahun 2023-2026 dan serta mengacu pada berbagai kebijakan pemerintah dan peraturan perundangan-undangan.

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan evaluasi triwulan I tahun 2023, berdasarkan pemilihan jenis evaluasi. Pemilihan jenis evaluasi dimaksud tergantung tujuan evaluasi, pada pelaksanaan Evaluasi Program Kegiatan Pembangunan Daerah triwulan I Tahun 2023, Metode Evaluasi yang digunakan berdasarkan basis data dan informasi dari Pengukuran Kinerja masing-masing Perangkat Daerah, yaitu membandingkan realisasi dengan target (Gap Analysis) yang telah ditetapkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) perangkat daerah tahun 2023.

Basis Data dan Informasi yang digunakan dalam evaluasi ini, berdasarkan hasil Laporan Capaian Pelaksanaan Program Kegiatan Perangkat Daerah yang dilaporkan pada setiap bulan (baik itu ke Bappeda, Inspektorat, Bagian Organisasi dan Bagian Ekbang, Setda Kabupaten Buleleng). Hendaknya laporan dimaksud merupakan hasil evaluasi mandiri (self-assessment) dari masing-masing Perangkat Daerah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd.  menegaskan bahwa  jumlah realisasi keuangan harus seimbang dengan realisasi kegiatan. Sehingga pada triwulan selanjutanya ada balance yang pada akhirnya  seluruh kegiatan bisa terealisasi sampai penghujung tahun.

Selain itu ditekankan juga untuk seluruh SKPD untuk lebih berhati-hati dalam menyusun dan merealisaskan kinerjanya. Karena idealnya kegiatan fisik harus lebih besar 5% dari realisasi keuangan.Namun pihaknya juga memaklumi bahwa target yang tidak dipenuhi, karena pada dasarnya triwulan pertama minim kegiatan. Namun pihaknya tetap menekankan untuk senantiasa menyusun laporannya agar bisa balance sampai triwulan berikutnya.

Perlu diketahui bersama bahwa capaian Program Kinerja SKPD lingkup Pemkab Buleleng pada Triwulan I menyentuh pada angka 20,07%.Turut hadir pada kegiatan ini Para Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.