(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP PENGGIAT P4GN DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 11 Mei 2021 | 376 kali

WORKSHOP PENGGIAT P4GN DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN

 

Lovina, Selasa 11 Mei 2021 | DISDIK TODAY

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Buleleng menyelenggarakan Workshop Penggiat Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotikan dan Preukursor Narkotika, Selasa 11 Mei 2021 di Bali Taman Hotel, Lovina.

 

Kegiatan yang menyasar Kepala Satuan Pendidikan jenjang SMP, SMA dan SMK di Buleleng ini dibuka langsung Kepala BNNK Buleleng, AKBP. I Gede Astawa, SH.,MH. Sementara Disdikpora Kabupaten Buleleng dihadiri Sekretaris Disdikpora, Ida Bagus Gde  Surya Bharata, S.Pd.,MAP.

 

Dalam kesempatan sebagai narasumber tersebut, Sekretaris Disdikpora memaparkan Rencana Aksi P4GN di Lingkungan Pendidikan. Mengawali paparannya Sekdis, Gus Surya menyampaikan urusan yang diampu oleh Disdikpora Kab. Buleleng yang meliputi, pemerintahan umum, pendidikan, kepemudaan dan olahraga. 

 

Dari urusan itu terdapat berbagai stakeholder yang dapat diajak bekerja sama memerangi narkotika (war on drugs). Dimulai dari satuan pendidikan, dewan pendidikan, komite sekolah, organisasi kepemudaan dan masyarakat keolahragaan. 

 

Sehubungan dengan hal tersebut, Disdikpora telah menyusun Rencana Aksi P4GN yang masuk dalam bidang pencegahan sebagaimana amanat Inpres nomor 2 tahun 2020 tentang Renaksi Nasional P4GN. Selanjutnya, renaksi ini akan diimplementasikan bertahap dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

 

Acara workshop dirangkai dengan pelantikan Penggiat P4GN di Lingkungan Pendidikan yang diharapkan menjadi pioner penggerak anti narkotika dan prekursor narkotika di satuan pendidikan masing-masing. Hal ini juga dapat mencegah narkotika masuk ke satuan pendidikan.

 

Selain materi renaksi P4GN, peserta juga dibekali materi Dasar Hukum P4GN dan Konseling Adiksi dan Rehabilitasi dari narasumber lainnya.