(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DUA SMP BULELENG JADI TUJUAN SUVERVISI KAMPANYE SEKOLAH SEHAT KEMENDIKBUDRISTEK RI

Admin disdikpora | 09 November 2023 | 1090 kali

DUA SMP BULELENG JADI TUJUAN SUVERVISI KAMPANYE SEKOLAH SEHAT  KEMENDIKBUDRISTEK RI 


Buleleng, Kamis 9 November 2023 l DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng hari ini melakukan pendampingan terhadap tim dari   DirektoratJenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek RI, Kamis (9/11).


Tujuan kedatangan tim dari Kemendikbudristek adalah untuk melakukan supervisi Kampanye Sekolah Sehat ( KKS) di SMP N 2 Kubutambahan dan SMP N 2 Sawan. Dikutip dari laman website SMP N 2 Sawan menginformasikan bahwa setelah berkunjung ke sekolah, Suvervisor Aussie Nurhabibah, Analis Pengembangan Peserta Didik Direktorat SMP, mengapresiasi KSS yang telah dilakukan oleh SMP Negeri 2 Sawan. Adapun Beberapa masukan diberikan terkait program-program yang sudah dilaksanakan. Seperti, kegiatan makan buah dan sayur serta minum tablet tambah darah yang sebaiknya dilakukan pada waktu yang bersamaan dan rutin minimal sekali seminggu, menyisipkan senam Sekolah Sehat saat SKJ, berkoordinasi dengan Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (portina) Kabupaten, dan melengkapi sarana ruang UKS, seperti poster dan alas bed.


Pihaknya juga menyarankan agar sekolah terus bekerja sama dengan pengelola kantin sehingga kantin sekolah layak seutuhnya disebut kantin sehat."Kantin agar tidak menjual lagi minuman mengandung pemanis. Mie instan bisa diganti dengan menjual mie ayam," katanya kepada Tim KSS SMP Negeri 2 Sawan setelah melakukan pemantauan langsung.


Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Sawan, Ni Nyoman Kartikawati, S.Pd., dalam paparannya menyampaikan bahwa tiga prinsip Sekolah Sehat utamanya Sehat Bergizi dan Sehat Fisik telah dilaksanakan di sekolah. Sehat Bergizi, misalnya anak-anak membawa botol minum dari rumah untuk pembiasaan minum air putih minimal dua gelas sehari, pembiasaan makan buah dan sayur, pembinaan dan pengawasan kantin sehat. Sementara itu, impementasi Sehat Fisik yang sudah dilakukan, seperti pelaksanaan senam kesegaran jasmani (SKJ) seminggu sekali yaitu setiap Jumat pagi, guru-guru melaksanakan gerakan peregangan pada pergantian jam pelajaran dengan ice breaking, optimalisasi sehat fisik melalui optimalisasi intrakurikuler pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, serta optimalisasi melalui ekstrakurikuler olahraga (basket, futsal, atletik, karate, silat) dan kesehatan (KSPAN dan PMR).Selain itu, SMP Negeri 2 Sawan juga telah melaksanakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Tes ini telah dilaksanakan tanggal 1 November 2023 menyasar 29 siswa. 


Lebih lanjut, Kepala SMP Negeri 2 Sawan berkomitmen untuk terus melakukan penguatan pembiasaan-pembiasaan yang sudah dilakukan sehingga menjadi membudaya serta mengevaluasi beberapa program yang masih perlu ditingkatkan pembiasaannya untuk menyukseskan KSS.

"Edukasi dan pemantauan KSS terutama kepada warga sekolah, pengelola kantin, dan tentu juga orang tua akan terus dilakukan. Kami berterima kasih kepada Direktorat SMP yang hari ini telah mensuvervisi sehingga kami tahu hal-hal apa yang mesti kami lakukan untuk menyempurnakan KSS di SMP Negeri 2 Sawan. Saran-saran itu akan segera kami tindaklanjuti," tegas Ni Nyoman Kartikawati.