(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA WAKILI PENJABAT BUPATI BULELENG BUKA FESTIVAL PELAJAR NUSANTARA TAHUN 2022

Admin disdikpora | 24 Oktober 2022 | 419 kali

KADISDIKPORA WAKILI PENJABAT BUPATI BULELENG BUKA FESTIVAL PELAJAR NUSANTARA TAHUN 2022


Singaraja, Senin 24 Oktober 2022 l DISDIKTODAY

Penjabat Bupati Buleleng, Ir Ketut Lihadnyana, M.M.A diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M membuka secara resmi Festival Pelajar Nusantara Tahun 2022 bertempat di RRI Singaraja, Senin, 24/11/22.


Dalam penyampaian sambutan Penjabat Bupati Buleleng yang dibacakan Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa yang pertama menyambut baik adanya festival pelajar nusantara yang digagas Radio Republik Indonesia. Kegiatan  positif ini  merupakan salah satu bentuk sinergitas untuk membangun komunikasi dan persamaan persepsi mewujudkan visi Indonesia maju di tahun 2045. Lebih lanjut, Penjabat Bupati Buleleng memandang kegiatan ini merupakan sebuah Kolaborasi yang apik di lintas sektoral dimulai dari bidang Pendidikan, publikasi, komunikasi, teknologi entrepreneurship, yang  intinya bermuara pada stabilitas dan kondusifitas daerah nantinya.


Festival Pelajar Nusantara nantinya diharapkan dapat memberi ruang bagi pelajar-pelajar kita untuk mengekspresikan ide-ide kreatif dan menampilkan karya-karya inovatif serta memberikan pandangan bahwa mereka adalah bagian dari generasi masa depan dan siap berkolaborasi berkompetisi dan misi dalam pembangunan bangsa dan negara yang maju dan unggul. Selanjutnya,  para pelajar Indonesia khususnya para pelajar di Kabupaten Buleleng, jadikanlah ini  sebagai bagian dari pengembangan diri dan berekspresi, membangun semangat untuk menjadi pemenang dan meraih masa depan yang gemilang.Hal ini juga sejalan dengan salah satu poin Profil pelajar Pancasila yaitu beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia berkebinekaan Global bergotong royong Mandiri bernalar kritis dan kreatif.


Sementara itu, Kepsta RRI Singaraja, Tri Umi Setyawati, S.Pt. dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk di puncak acara pada tanggal 28 Oktober 2022 bertepatan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022  akan hadir Bapak Presiden RI yang akan memberi memberikan komando mengikrarkan Sumpah Pemuda secara bersama-sama seluruh Indonesia. Mudah-mudahan nanti kegiatan ini juga bisa diterima oleh seluruh masyarakat dan sekitarnya agar kegiatan ini mampu mendorong Siswa lebih kreatif lebih Mandiri dan ada hal-hal yang membuat mereka lebih kuat terutama pada saat pandemi.


 Kegiatan ini diikuti pelajar SMA/MA dan SMK se- Kabupaten Buleleng tentu dengan berbagai macam lomba.Untuk hari ini ada lomba  pesantian, untuk besok disusul   final Bintang radio Indonesia, penyelenggaraan  workshop jurnalistik dan juga penyiar dan presenter.Selain itu, ada juga kegiatan seperti  lomba cerita dan juga fashion show dengan tetap mengutamakan adat dan budaya Bali.Selanjutnya, RRI Singaraja juga  menggelar lomba band indie serta  kegiatan pentas seni, UMKM dari teman-teman SMK se-kabupaten Buleleng.


Dalam kegiatan ini turut hadir, Dandim 1609/Buleleng, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Kepala BNNK Buleleng, Ketua MKKS SMK Kabupaten Buleleng, Ketua MKKS SMA/MA Kabupaten Buleleng serta undangan lainnya.