(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KEBEBASAN UNTUK BERPIKIR , GURU TENTUNYA HARUS MEMILIKI DASAR KUAT DAN BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN.

Admin disdikpora | 17 Mei 2022 | 478 kali

KEBEBASAN UNTUK BERPIKIR , GURU TENTUNYA HARUS MEMILIKI DASAR KUAT DAN BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN.


Singaraja, 17 Mei 2022 l DISDIKTODAY


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan workshop "Pengembangan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum merdeka untuk Mewujudkan Merdeka belajar”  bertempat di SMP N 7 Singaraja, Selasa, 17/5/22.


“Peran guru sangat penting dalam menciptakan perubahan terutama peserta didik untuk menjadi manusia yang lebih baik, sehingga seorang guru harus memiliki daya saing yang tinggi dan nilai-nilai dasar yang pokok berkaitan dengan program pendidikan bagi perserta didik supaya memiliki nilai karakter dan kompetensi sehingga menjadi pribadi yang matang dan siap bersaing. Oleh karena itu guru mempunyai tanggungjawab yang besar untuk melakukan perubahan dalam proses pendidikan peserta didik. “ ucap Astika.



Kadisdikpora Kabupaten buleleng Menyampaikan juga dalam konsep merdeka belajar, guru diberi kebebasan untuk berpikir dalam menentukan langkah yang tepat dan strategis sehingga bisa menjawab semua tantangan dan permasalahan pendidikan yang dihadapi dalam wilayah pendidikan. Dalam konsep ini, guru  tentunya harus memiliki dasar kuat dan bisa dipertanggung jawabkan.


“Guna sampai pada keberhasilan penerapan konsep merdeka belajar tersebut, guru dituntut agar dapat menerjemahkan konsep sehingga mampu merealisasikan dalam penerapan pembelajaran yang dilaksanakannya. Untuk sampai pada kenyataan tersebut guru harus memiliki keluasan wawasan dan kedalaman pengalaman sebagai modalnya” lanjutnya.


Akhirnya, konsep merdeka belajar harus dimaknai sebagai pemberian peluang bagi guru sehingga mereka berani mencoba, berekpresi, bereksperimen, menjawab tantangan, serta berani berkolaborasi untuk berkontribusi dalam melahirkan pendidikan lebih baik dan bermakna.


Sementara itu, kepala SMP N 7 Singaraja , diharapkan terus melakukan pembimbingan maupun kegiatan Workshop ini secara berkelanjutan.Semoga melalui kegiatan  ini semakin memperkuat komitmen seluruh warga sekolah baik Pendidik dan Tenaga Pendidik untuk bersama sama meningkatkan kinerja, dan kompetesi serta kedisiplinan dan sekaligus penyusunan perangkat pembelajaran.