(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT LAPORAN AKHIR SURVEY PEMETAAN PEMBINAAN DAN PEMBIBITAN OLAHRAGA DI SEKOLAH KABUPATEN BULELENG TAHUN 2021

Admin disdikpora | 30 November 2021 | 191 kali

RAPAT LAPORAN AKHIR SURVEY PEMETAAN PEMBINAAN DAN PEMBIBITAN OLAHRAGA DI SEKOLAH  KABUPATEN BULELENG  TAHUN 2021

Singaraja, Selasa 30 November 2021 l DISDIKTODAY


Hari ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M membuka secara resmi rapat laporan akhir survey pemetaan pembinaan dan pembibitan Olahraga di sekolah  Kabupaten Buleleng tahun 2021 bertempat di Aula Dinas, Selasa 30/11/21.


Kadisdikpora Buleleng saat memberikan arahan mengungkapkan bahwa Pembibitan dan pembinaan prestasi Olahraga di Kabupaten Buleleng tentu harus menjadi program yang berkesinambungan. Di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun di Sekolah Menengah Pertama SMP) pemetaan pembinaan olahraga adalah langkah awal untuk melakukan pembinaan kepada anak-anak di sekolah tentu berkerjasama dengan guru olahraga  dalam rangka mendeteksi apa saja minat dan bakat siswa di bidang olahraga.


Selain itu,  juga diharapkan  kedepan program ekstrakurikuler yang ada di masing - masing satuan Pendidikan lebih mengutamakan pengembangan keterampilan pada satu cabang olahraga dengan pilihan bakat dan kesenangannya. Pembinaan secara dini diharapkan bisa mendobrak prestasi olahraga Buleleng, apalagi Pekan Olahraga Pelajar atau Porjar setiap tahunnya atlet-atlet pelajar Buleleng secara signifikan memperlihatkan prestasi yang bisa di banggakan.


Seusai arahan, kegiatan rapat dipimpin oleh Plt. Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga, Dra. Nengah Pujiani, M. A. P didampingi Kasi Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S. Sos. Ada beberapa poin yang disampaikan dalam rapat kali ini diantaranya adalam Penyampaian draf hasil pemetaan pembinaan olahraga di sekolah  mulai dari tahapan penentuan indikator pemetaan, validasi instrumen, hasil pemetaan, saran , kesimpulan dan rekomendasi.  Poin selanjutnya, perlunya pemetaan tentang minat dan bakat siswa terhadap Olahraga yang paling tinggi minat siswa adalah cabor atletik, sepak bola, bulu tangkis dan lain sebagainya. Dengan pemetaan ini diharapkan  bisa menghasilkan atlet - atlet berprestasi.  Lebih lanjut yang perlu di perhatikan tentang durasi pembinaan agar apa yang menjadi harapan bisa tercapai. Selain dari SDM itu sendiri dukungan sarana dan prasarana juga menjadi perhatian bersama, jika sarana prasarana di sekolah belum memadai bisa berimbas pada hasil prestasi yang kurang baik bahkan sebagian besar prestasi Olahraga belum ada. 


Dari hasil temuan survey pemetaan pembinaan Olahraga di sekolah oleh pihak peneliti  merekomendasikan agar memenuhi kebutuhan sarana prasarana Olahraga  di sekolah untuk pembinaan ekstrakulikuler, memberi dukungan moril materiil terhadap pembinaan ekstrakulikuler, memberikan pengetahuan dan keterampilan pembina ekstra terhadap ilmu kepelatihan secara kontinu serta menambah kejuaraan , event bagi pelajar di Buleleng. 


Di akhir acara dilakukan diskusi untuk penyempurnaan hasil rapat terkait dengan survey pemetaan pembinaan dan pembibitan Olahraga di Sekolah Kabupaten Buleleng tahun 2021. Dalam  rapat kali ini turut mengundang perwakilan Balitbang Buleleng, Bappeda Kab. Buleleng, KONI Kabupaten Buleleng, KKGO se-Kabupaten Buleleng dan Perwakilan MGMP PJOK dengan narasumber Dr. Made Agus Darmadi, M. Pd.