(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADIS ASTIKA BUKA SECARA RESMI FASILITASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PENGIMBASAN PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI

Admin disdikpora | 03 Juli 2024 | 976 kali

KADIS ASTIKA BUKA SECARA RESMI FASILITASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PENGIMBASAN PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI


Badung, Rabu 3 Juli 2024 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika ,S.Pd., M.M., diundang guna membuka secara resmi kegiatan Fasilitasi Penyelenggaraan Kegiatan Pengimbasan Peningkatan Literasi dan Numerasi bertempat di Swiss - Belhotel Rainforest, Rabu, (3/7).


Dalam arahan dan sambutan Kadis Astika, menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah terus mendorong guna terciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan.Bagaimana Guru punya peran besar dalam mengawal proses pembelajaran yang tentunya berorientasi kepada peserta didik.


" Untuk penguatan literasi di daerah bisa memanfaatkan komunitas belajar baik antar sekolah maupun disekolah dan perlu dikembangkan sehingga mampu meningkatkan literasi.Selain adanya perpustakaan, peningkatan Literasi disekolah bisa memanfaatkan pojok baca.Tujuan dari pojok baca kelas adalah untuk mendorong siswa untuk membaca lebih banyak, meningkatkan keterampilan membaca mereka, dan membantu mereka memperoleh pengetahuan dan wawasan baru".ungkapnya 


Kadis Astika, berharap agar kabupaten/kota yang ada di Bali menindak lanjuti apa yang menjadi program baik dari Pemerintah pusat maupun dari BPMP Provinsi Bali. 


Disisi lain, dari Laporan ketua Tim PDM - 10 Pemulihan Pembelajaran,  Putu Budi Riniati, menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bali dari tanggal 3 sampai 5 Juli 2024 dengan bertujuan membahas bersama Rencana Tindak Lanjut yang semula disusun ketika mendapatkan Bimtek kapasitas Pemda serta nantinya akan dibarengi dengan aksi nyata di daerah masing - masing.


Lebih lanjut, kegiatan ini sebuah upaya  penguatan kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Satuan Pendidikan, Masyarakat, dan Pemangku Kepentingan lainnya dalam Pemulihan Pembelajaran melalui penguatan Literasi dan Numerasi serta pendampingan Rencana dukungan kebijakan dan kemitraan daerah beserta impelemntasinya..


Secara umum kegiatan ini dirancang untuk mendiskusikan dan menyelaraskan program - program yang menjadi prioritas di masing - masing Dinas Pendidikan dalam sebuah Forum Rencana Tindak Lanjut.


Adapun sasaran kegiatan ini berjumlah 65 orang berasal dari unsur Kepala Bidang Pembinaan SD dan SMP Dinas Kabupaten/kota, Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi, Kordinator Pengawas, PIC Pemulihan Pembelajaran, Bagian Perencanaan dan penganggaran, Konsultan BPMP Dan Fungsional BPMP Provinsi Bali.


Sementara itu, sambutan Kepala BPMP Provinsi Bali disampaikan oleh  Roni Karsidi, S.H., M.Si., selaku Kepala Subbagian Umum BPMP Provinsi Bali.Dalam pembacaan sambutan dapat disampaikan bahwa besar harapan kami pada kegiatan ini bisa menghasilkan penyelarasan terkait peningkatan Literasi dan Numerasi.


"Sinergi dan kolaborasi yang terjalin sudah sangat baik antara BPMP Provinsi Bali dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/kota Se-Bali.Hal seperti itulah yang perlu ditingkatkan kembali guna mengawal menjamin mutu dan kualitas pendidikan semakin baik kedepannya", ungkapnya.