(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PERESMIAN PENDOPO SASANA WALI DI DESA TEJAKULA

Admin disdikpora | 07 Januari 2024 | 1415 kali

PERESMIAN PENDOPO SASANA WALI DI DESA TEJAKULA


Tejakula, Minggu 7 Januari 2024 | DISDIKBTODAY


Disdikpora Kabupaten Buleleng diwakili Sekretaris Dinas Ida Bagus Gde Surya Bharata menghadiri acara Peresmian Pendopo Sasana Wali, Minggu 7 Januari 2024 di Desa Tejakula, Kecamatan Tejakula.


Peresmian bangunan Pendopo beraksitektur Jawa ini diprakarsai oleh Prof. Dr. Pande Made 

Sukerta, S. Kar., M. Si., beserta istri yang merupakan purna bakti akademisi ISI Surakarta asal Desa di Desa Tejakula didukung Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng. Disampaikan Prof. Dr. Pande Made Sukerta, S. Kar., M. Si. yang juga Master Rebab Bali (musik gesek tradisional Bali) Pendopo Sasana Wali yang didirikan di area pekarangan rumahnya ini nantinya akan dibuka untuk masyarakat Desa Tejakula sebagai tempat aktivitas budaya, kegiatan masyarakat termasuk juga pendidikan bagi anak-anak sekolah untuk latihan atau pun pentas seni. 


Sementara dalam sambutan peresmian, Camat Tejakula I Gede Suyasa, S.P. mengucapkan selamat atas pendirian Pendopo Sasana Wali ini dan menyampaikan terima kasih atas dibukanya pendopo yang nantinya dapat digunakan sebagai tempat aktivitas budaya dan sosial masyarakat Tejakula utamanya sekolah-sekolah sekitar lokasi. Hal ini telah menunjukan komitmen Prof. Dr. Pande Made Sukerta, S. Kar., M. Si., sebagai seniman dan akademisi dalam mengimplemantasikan konsep Satyam Siwam Sundaram dalam berkesesenian sesuai ajaran agama Hindu.


Kegiatan yang dihadiri juga Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA se Kecamatan Tejakula diisi dengan pementasan pamungkas Gong Rebab Bali yang dibawakan oleh Sekaa Gong Rebab Praja Swara Disbud Kabupaten Buleleng sebagai hasil workshop Rebab Bali Kabupaten Buleleng beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Disdikpora menerima sebuah buku Belajar Rebab Bali karya Prof. Dr. Pande Made Sukerta, S. Kar., M. Si.