(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DESEMINASI PERENCANAAN BERBASI DATA SATUAN PENDIDIKAN SMP SE-KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 27 Juli 2022 | 415 kali

DESEMINASI PERENCANAAN BERBASI DATA SATUAN PENDIDIKAN SMP SE-KABUPATEN BULELENG 


BULELENG , 27 JULI 2022 | DISDIKTODAY


Dalam rangka mendukung pemerintah daerah dalam pencapaian peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan di daerah sesuai Visi Pendidikan Indonesia, maka MKKS SMP Se-kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan Deseminasi Perencanaan Berbasis Data Tahun 2022 di Bali Taman Resort and Spa (27/07/22).


Kegiatan dilaksanakan dan mensosialisasikan yaitu, Transformasi Sekolah dan Pendidikan Daerah dalam kerangka Merdeka Belajar, Profil Pendidikan sebagai sumber utama dalam perencanaan berbasis data dan Perencanaan Berbasis Data di Daerah dan Satuan Pendidikan Kabupaten Buleleng.


Sasaran peserta pada kegiatan ini yaitu dari unsur kepala SMP Se-kabupaten Buleleng. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Buleleng Made Astika, S.Pd, M.M 


Melalui kegiatan ini diharapkan daerah mengetahui bahwa nantinya mereka akan melakukan perencanaan berbasis data dengan mengacu pada profil dan rapor pendidikan.


Profil dan rapor pendidikan akan menjadi referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan, sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi, instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal, alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar.


Rapor pendidikan akan menjadi platform penyajian data yang terpusat sehingga satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi