(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

LOMBA NAPAK TILAS SERANGKAIN HUT KOTA SINGARAJA KE – 420 TAHUN 2024

Admin disdikpora | 22 Maret 2024 | 1091 kali

LOMBA NAPAK TILAS  SERANGKAIN HUT KOTA SINGARAJA KE – 420 TAHUN 2024

Singaraja, Jumat 22 Maret 2024 | DISDIKTODAY


Dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan HUT Kota Singaraja ke – 420 Tahun 2024, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Lomba Napak Tilas Panji Sakti. 


Dalam Kesempatan ini hadir Kepala Dinas Pedidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., guna ikut serta meyaksikan sekaligus melepas peserta lomba napak tilas tahun 2024 di aera Pura luhur yeh ketipat Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Jumat (22/3).


Sementara itu, seijin Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng untuk laporan Ketua Panitia disampaikan Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P. Dalam laporan tersebut dapat disampaikan bahwa dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan HUT Kota Singaraja ke – 420 Tahun, sebagai wujud apresiasi keberhasilan pembangunan di Kabupaten Buleleng, sekaligus sebagai media peningkatan penghayatan nilai-nilai perjuangan Raja Buleleng, Ki Barak Panji Sakti saat membangun Buleleng yang kemudian ditetapkan sebagai momentum lahirnya Kota Singaraja, kepada Generasi Muda Buleleng.


Lebih lanjut, Peserta Lomba Napak Tilas Tahun ini berjumlah 16 ( Enam Belas ) Regu, yang terdiri dari siswa /siswa SMA/k di Kabupaten Buleleng dengan start Pura Luhur Yeh Ketipat, lanjut ke jalan raya Wana Giri, Desa Pegayaman , Desa Padangbulia dan Finish di Monumen Tri Yudha Sakti – Desa Sangket . Perjalanan atau routr yang ditempuh peserta akan melewati empat pos, dimana disetiap pos sudah dijaga oleh panitia dan melibatkan Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Buleleng. Sementara itu total hadiah keseluruhan sebesar delapan belas juta lima ratus ribu rupiah yang dibagi untuk juara I mendapatkan Trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,00, Juara II mendapatkan Trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 4.000.000 - Juara III mendapatkan Trophy dan pembinaan sebesar Rp. 3.500.000. uang - Juara Harapan I mendapatkan Trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.500.000. - Juara Harapan II mendapatkan Trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.000.000 dan uara Harapan III mendapatkan Trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000.


Disisi lain, kegiatan ini secara resmi dilepas Pj. Bupati Buleleng yang diwakili oleh Plt. Asiten 1 Setda Kabupaten Buleleng, I Gede Sandhiyasa, S.Sos. M.Si  saat membacakan sambutan menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng atas terlaksananya lomba napak tilas panji sakti. Dalam sambutan tersebut, Pj. BUpati Buleleng mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk benar-benar memanfaatkan momentum HUT Kota Singaraja yang ke – 420, dengan tema Bulatkan Tekad Wujudkan Rasa Bangga , sebagai momentum dalam membangkitkan Rasa bangsa sebagai penerus perjuangan Kibarak Panji Sakti dalam satu tekad menjadikan buleleng yang maju serta menghayati makna persatuan dengan merangkai perbedaan untuk selanjutnya kita bersama- sama mampu memberikan pemikiran – pemikiran konstruktif kepada pemerintah dan bahkan mampu menyelenggarakan kegiatan- kegiatan yang bermanfaat kepada generasi muda.


Seusai acara Kadis Astika menyampaikan teima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut dalam kegiatan lomba napak tilas tahun ini.  Kegiatan ini   tentu bertujuan tetap melestarikan sejarah lahirnya Kota Singaraja serta sebagai upaya untuk menanamkan nilai sejarah perjuangan dan keagungan Raja Ki Gusti Ngurah Panji Sakti. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, generasi muda memahami sejarah lahirnya Kota Singaraja, serta membangun kapasitas diri, sehingga mampu berperan dalam pembangunan Buleleng secara umum.


“ Kami berharap melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat Pemuda Buleleng agar mampu meningkatkan kapasitasnya, mampu bangkit dari ketertinggalan dan selanjutnya mengapresiasi hakekat sebuah pembangunan, dan mampu berbuat untuk sebuah pembangunan, yaitu pembangunan Buleleng yang kita cintai ini.” Ungkap Kadisikpora Buleleng.


Perlu diketahui bersama bahwa dalam kegiatan ini turut hadir Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, S.H., S.I.K., Forkopimda Kabupaten Buleleng, Instanti vertikal serta beberapa kepala OPD lingkup Pemkab Buleleng.