(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

ROAD SHOW SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 22 Maret 2022 | 279 kali

ROAD SHOW SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BULELENG


Singaraja, Selasa 22 Maret 2022 l DISDIKTODAY

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran. Penyediaan dukungan Implementasi Kurikulum Merdeka yang diberikan oleh Kemendikburistek adalah bagaimana kemendikbudritek memberikan dukungan pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri dan dukungan pendataan Implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri, dari dukungan tersesbut akan mendapatkan calon satuan Pendidikan yang terdata berminat dan akan memperoleh pendampingan pembelajaran untuk implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. Berkenaan dengan hal tersebut untuk mendorong Satuan Pendidikan khususnya jenjang Sekolah Dasare (SD) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui Bidang PSD menyelenggarakan Road Show Sosialisasi Kurikulum Merdeka ke semua Kecamatan di Kabupaten Buleleng. Kegiatan diikuti oleh para ketua gugus Sekolah Dasar masing-masing Kecamatan dan K3S Sekolah Dasar (SD). Kegiatan berlangsung dari tanggal 21 s.d 28 Maret 2022 di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Buleleng.


Atas seijin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (PSD), Dra. Made Sri Suparmi menyampaikan bahwa dalam rangka pemulihan pembelajaran, Pemerintah melalui Kemendikbudristek memberikan opsi Implementasi Kurikulum Merdeka kepada Satuan Pendidikan. Bagi Satuan Pendidikan yang berminat melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka dapat melakukannya di Tahun Pelajaran 2022/2023 secara bertahap pada kelas I dan IV. Tentunya Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan diserahkan pada kesiapan Sataun Pendidikan masing-masing.



Selanjutnya secara teknis disampaikan Praktik Baik dan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak oleh Ketut Sudiatmika, S.Pd Kepala Sekolah SD Negeri 3 Tingatinga dan I Wayan Suyoga Ardhi, M.Pd Kepala Sekolah SD Negeri 4 Tamblang. Disampaikan juga bagaimana Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Tata Cara Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Satuan Pendidikan di luar Program Sekolah Penggerak berdasarkan kesiapan masing-masing Satuan Pendidikan, oleh Kepala Seksi Kurikulum SD, I Ketut Agus Susilawan, S.Pd, M.Pd.