(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA KABUPATEN BULELENG MEMBUKA MPLS SECARA SERENTAK DI SELURUH SATUAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 11 Juli 2022 | 376 kali

KADISDIKPORA KABUPATEN BULELENG MEMBUKA MPLS SECARA SERENTAK DI SELURUH SATUAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULELENG


SINGARAJA, SENIN 11 JULI 2022 | DISDIKTODAY


Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M pagi ini membuka secara resmi  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara serentak di seluruh Kabupaten Buleleng yang di dampingi oleh Kepala Bidang SD Dra. Made Sri Supadmi dan Kepala Bidang SMP Putu Primasuta S.Sn yang bertempat di SMP Negeri 1 Singaraja. (11/7/22).


Berakhirnya Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022/2023 Mengantarkan Para Peserta Didik Memasuki Awal Tahun Pelajaran Baru Yang Kita Kenal Dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sebagaimana Permendikbud Nomor 18  Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, Pengenalan Lingkungan Sekolah Adalah Kegiatan Pertama Masuk Sekolah Untuk Pengenalan Program, Sarana Dan Prasarana Sekolah, Cara Belajar, Penanaman Konsep Pengenalan Diri, Dan Pembinaan Awal Kultur Sekolah.


MPLS bertujuan untuk Mengenali potensi diri siswa baru, Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya, Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.


Kadisdikpora Kabupaten Buleleng juga menyampaikan bahwa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Terlebih nantinya siswa baru akan mengikuti implementasi kurikulum merdeka yang menjadi bagian dari episode merdeka belajar.


“untuk itu saya harapkan kepada seluruh bapak ibu guru dibawah koordinasi kepala satuan pendidikan dapat melaksanakan kurikulum merdeka dengan sebaik-baiknya dengan selalu mengadakan koordinasi, membangun komunikasi serta selalu berkolaborasi agar dapat mempercepat pemahaman dan pelaksanaan kurikulum merdeka di kabupaten buleleng.” Ucap Astika



Peserta MPLS tahun pelajaran 2022/2023 di kabupaten buleleng yang terdata sampai saat ini untuk Jumlah tamatan TK TP 2021/2022 sebanyak 7.931 siswa Jumlah siswaTK terdaftar TP 2022/2023 sebanyak 9.356 siswa, Jumlah siswa SD terdaftar baru sebanyak 10.780 siswa, Jumlah siswa tamatan SD TP 2021/2022 sebanyak 11.963 siswa dan tamatan MI sebanyak 775 siswa, Jumlah siswa SMP TP 2022/2023 baru terdaftar sebanyak  11.523 siswa. 


Dalam kesempatan ini Kasdisdikpora Kabupaten Buleleng menyampaikan harapan dan menegaskan bahwa pelaksanaan MPLS kali ini tidak mengandung unsur kekerasan dan perundungan bagi peserta. Tetap mengedepankan rasa humanis, rasa sayang terhadap peserta didik. 


“Saya juga berharap  MPLS ini dapat membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Disamping juga menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. Kenalkan juga mereka wilayah dimana sekolah mereka berada, mulai dari dusun, desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten. Perkenalkan juga kearifan lokal dan sumber daya alam sekitar, sehingga muncul rasa sayang dan bangga terhadap lingkungan dimana mereka berada.” Akhir Astika.


Selanjutnya, pada kesempatan ini juga Kadisdikpora Kabupaten Buleleng menyampaikan kepada kepala satuan pendidikan untuk tetap memantau peserta didik baru yang masih belum mendaftarkan diri. Mereka kemungkinan terlambat dalam mendapatkan informasi PPDB, sehingga baru mengetahui sudah mulai saat bersekolah di masa MPLS ini. Terima pendaftarannya sebagai peserta didik baru. Melalui kesempatan yang baik ini Kadisdikpora Kabupaten Buleleng juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada bapak ibu kepala sekolah beserta jajaran atas aksi nyata dan kesungguhan dalam mengawal realisasi program indonesia (PIP) di satuan pendidikan masing-masing hingga kabupaten buleleng menjadi kabupaten pengelola pip terbaik pertama di indonesia tahun 2021.