(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RIBUAN PELAJAR BULELENG ANTUSIAS IKUTI FESTIVAL OLAHRAGA PENDIDIKAN TAHUN 2024

Admin disdikpora | 11 September 2024 | 793 kali

RIBUAN PELAJAR BULELENG ANTUSIAS IKUTI FESTIVAL OLAHRAGA PENDIDIKAN TAHUN 2024


Singaraja, Rabu 11 September 2024 l DISDIKTODAY

Festival Olahraga Pendidikan (FOP)  2024 Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Kabupaten Buleleng secara resmi di buka Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd mewakili Penjabat Bupati Buleleng bertempat GOR Bhuana Patra Singaraja, Rabu (11/8).


Dalam pembacaan sambutan Pj. Bupati Buleleng, Sekda Suyasa mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI karena Kabupaten Buleleng ditunjuk untuk menyelenggarakan Festival Olahraga Pendidikan tahun 2024. 


" Saya berharap Para peserta sepenuhnya mengikuti kegiatan ini dengan riang gembira.Sesuai dengan tema FOP Kemenpora tahun ini ‘Play Today, Lead Tomorrow’ diharapkan  lahirnya kepimpinan di generasi mendatang." Jelasnya.


Disisi lain dari sambutan Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Triyono, SP., M.Si mewakili Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI menyampaikan bahwa Kegiatan FOP merupakan upaya menyiapkan generasi mendatang yang kompetitif, kompak, dan memiliki daya juang tinggi sebagai pemimpin.


Lebih lanjut,  FOP dapat melatih kekompakan pelajar dan semangat juangnya. Disamping itu, FOP juga merupakan bagian dari pendidikan inklusi.FOP 2024 merupakan salah satu inisiatif penting untuk mempromosikan olahraga di kalangan pelajar dan mempersiapkan generasi mendatang dengan lebih baik. 


"Saya mengapresiasi Kabupaten Buleleng karena secara resmi telah dibuka.Kami berharap Gelaran FOP merupakan langkah yang baik dalam membangun keolahragaan di masa depan, khususnya di Kabupaten Buleleng.Semoga kegiatan ini membawa dampak positif dan melahirkan atlet-atlet unggul di masa depan."ujarnya


Senada, disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Made Astika ,S.Pd., M.M.,  mengapresiasi Kemenpora yang telah memercayakan Kabupaten Buleleng untuk menggelar Festival Olahraga Pendidikan.


"Pelajar dan generasi muda memiliki peran penting untuk menentukan masa depan bangsa, tingginya kualitas pelajar serta makin terjaminnya masa yang akan datang, dapat dicapai melalui olahraga pendidikan.Ajang ini (FOP) mengenalkan, menerapkan prinsip-prinsip fair play, inklusi, kerja sama tim, rasa hormat, dan kepemimpinan anak muda di masa datang,” lanjutnya.


FOP Kemenpora Kabupaten Buleleng 2024 diikuti 1100 orang siswa, dari tingkat SD, SMP/sederajat sebanyak 693 orang perwakilan 63 Sekolah,  SMA maupun SMK/sederajat sebanyak 330 orang berasal dari 30 Sekolah.Sementara itu untuk pelaksanaan selama 3 (tiga) hari, dimulai dari tanggal 11, 12 dan 13 September 2024.


Dihari Hari pertama, Kegiatan di awali dengan upacara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan senam bersama, setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan festival SD/sederajat antara lain: Estafet Lokomotor, Lompat Tali, dan Sirkuit Game. Hari kedua Kegiatan di awali dengan senam bersama, setelah itu dilanjutkan dengan festival SMP/sederajat dan SMA/sederajat antara lain: Estafey Halang Rintang, Permainan Tradisional Megoak-goakan, dan Sirkuit Game dan Hari ketiga adalah Penyerahan Penghargaan Festival Olahraga Pendidikan (FOP), Kemudian Acara Hiburan dan Terakhir Acara Penutupan.