(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SEKDISDIKPORA BULELENG HADIRI GATHERING DAN SOSIALISASI

Admin disdikpora | 19 Mei 2023 | 653 kali

SEKDISDIKPORA BULELENG HADIRI GATHERING DAN SOSIALISASI " OPTIMALISASI PENGGUNAAN PRODUK SURETYSHIP PT. JAMKRIDA BALI MANDARA."



Denpasar, Jumat 19 Mei 2023 l DISDIKTODAY

Mewaili Kepala Disdikpora Buleleng, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.AP bersama Kasi Kelembagaan dan Sarpras SD, Gede Bani Purbawa, S.T. menghadiri undangan Gathering dan Sosialisasi “Optimalisasi Penggunaan Produk Suretyship PT. jamkrida Bali Mandara”  hari Jumat 19 Mei 2023 oleh PT. Jamkrida Bali Mandara (Perseroda) bertempat di Grand Ballroom Four Star by Trans Hotel Denpasar. 


Kegiatan ini secara resmi dibuka Sekretaris Daerah Propinsi Bali Drs. Dewa Made Indra, M.Si selaku Komisaris Utama PT. Jamkrida Bali Mandara (Perseroda). Dalam sambutannya Dewa Indra menyampaikan bahwa salah satu kekuatan perekonomian daerah adalah BUMD dan salah satunya adalah Jamkrida, selain itu diingatkan juga bahwa Jamkrida Bali Mandara adalah milik bersama propinsi dan kabupaten/kota se Bali, dan berdasarkan surat edaran Gubernur Bali tanggal 25 januari 2019 menghimbau kepada semua lembaga dan instansi se - Bali untuk menggunakan produk Surety Bond yang diterbitkan oleh PT. Jamkrida Bali Mandara untuk menjamin seluruh  proyek pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal pihak penyedia jasa (principal) tidak dapat melaksanakan kewajibannya sesuai perjanjian.


Perlu diketahui bahwa Surety Bond adalah suatu perjanjian tertulis atau perjanjian tambahan antara Surety Company dan Prinsipal (Penyedia jasa) untuk menjamin kepentingan pihak III (Oblogee) dalam hal ini adalah pihak Pejabat Pembuat Komitmen, bahwa Prinsipal akan memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian yang dibuat antara Prisipal dengan Obligee. Surety Bond terdiri dari jaminan Penawaran, Jaminan Pelaksanaan, jaminan Uang Muka dan jaminan Pemeliharaan.


Inti acara diisi dengan pemaparan dua narasumber I Ketut Indra Satya Dharma Putra, SE., MM selaku Direktur PT. Jamkrida Bali Mandara sebagai narasumber pertama mensosialisasikan inovasi yang dapat mempermudah dan mempersingkat permohonan Surety Bond, berupa produk aplikasi Suretyship yang renananya akan launching di bulan Juni 2023. Dr. Ir. Dewa  Widnyana Maya, ST., MT selaku Kadis  PUTR Perkim Kabupaten Bangli, sebagai narasumber kedua membagikan pengalaman sebagai PPK dalam menghadapi pekerjaan konstruksi, dan beliau juga selaku ahli pengadaan memberikan materi tahapan – tahapan serta ketentuan pelaksanaan dan pengendalian kontrak sebagai PPK.



Dalam kesempatan sesi diskusi, Ida Bagus Gde Surya Bharata turut memberikan masukan kepada PT. Jamkrida Bali Mandara untuk mengadakan sosialisasi Suretyship ini kepada para principal atau pihak penyedia jasa, sehingga semua pihak yang terkait dengan penjaminan pekerjaan sama – sama memahami mekanisme dan manfaat dari produk Surety Bond yang akan bisa diakses melalui suretyship.



Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas PUTR, Dinas Perkimta, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan dan Biro/Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Propinsi dan kabupaten/Kota se Bali, dan diharapkan semua stakeholder bisa bersinergi dalam memilih perusahaan penjaminan pekerjaan konstruksi melalui PT. Jamkrida Bali Mandara (Perseroda).