(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG SIAPKAN SDM UNTUK DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP

Admin disdikpora | 08 Februari 2022 | 157 kali

DISDIKPORA BULELENG SIAPKAN SDM UNTUK DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP 

Lovina, Selasa 8 Februari 2022 | DISDIKYODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, telah hadir Sekretaris Dinas,  Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P mewakili Kepala Disidkpora Kabupaten Buleleng didampingi Kasi GTK SD, Ni Luh Putu Lasmini, S.H menghadiri Rapat Penyusunan Strategi pencapaian target DTS Tahun 2022 sebagai tindaklanjut nota kesepakatan sinergi pengembangan SDM bidang Kominfo bertempat di Vilandra Lovina, Desa Tukadmungga, selasa 9/2/22.


Dalam permintaan data,  Disdikpora Kabupaten Buleleng  sudah  menyiapkan  data jumlah  guru  SD dan SMP, kesiapan GTK untuk mengikuti pelatihan DTS terutama bidang TIK dan di bidang pemuda juga diharapkan juga ikut serta di sektor desain grafis dan konten creative.Dengan adanya program ini tentu memberikan kesempatan secara umum bagi masyarakat Buleleng khususnya pelajar, guru dan tenaga pendidik untuk meningatkan kemampuan secara digital.


Dari penyampian sambutan  Plt. Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta. Suwarto, SH. MPA menyampaikan bahwa untuk di Kabupaten Buleleng  mendapatkan  kuota 5000 orang  yang akan di berikan pelatihan DTS (Digital Talent Scholarship) Pelatihan dilaksanakan dengan sistem blended class, kelas online dilanjutkan dengan kelas offline. Target tersebut meliputi lulusan SMA/SMK dan lulusan perguruan tinggi dan Pekerja Migran Indonesia (PMI )  serta masyarakat umum lainnya, . Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan pelatihan untuk ASN baik di tingkat staf maupun di tingkat pimpinan. Materi yang diberikan pun beragam bidang keahlian yang berorientasi pada digitalisasi.


DTS memiliki delapan cabang pelatihan yang akan diikuti dan di sebarluaskan ke seluruh Bali dan khususnya di Buleleng dengan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif di dunia digitaliasi dan enterpreneurship untuk masa kini dan masa mendatang di dunia digitaliasasi.Selain itu, Program ini  diharapkan dapat dimanfaatkan dan bisa di jalankan untuk kemajuan SDM di Buleleng. Dengan adanya program ini bisa berjalan dengan lancar meskipun pada sutuasi pandemi dan program ini akan diperketat dalam penanganan protokol kesehatan dengan mewajibkan semua peserta untuk rapid tes antigen.


Kegiatan ini diikuti beberapa OPD terkait diantaranya  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng,  Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Buleleng ,  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buleleng, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dan diharapkan terus berkesinambungan dalam mewujudkan peningkatan kompetensi masyarakat.