(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA MEMBUKA PELATIHAN PROGRAM THEMATIC ACADEMY

Admin disdikpora | 05 Juli 2022 | 388 kali

KADISDIKPORA MEMBUKA PELATIHAN  PROGRAM THEMATIC ACADEMY


BULELENG,  5 JULI 2022 | DISDIKTODAY


Pagi ini , Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M membuka acara pelatihan program Thematic Academy yang di adakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas kominfo santi Kabupaten Buleleng yang bertempat di Puri Saron Resport Singaraja, (5/7/22).


Dalam sambutan Kadisdikpora Kabupaten Buleleng, mengucapkan banyak apresiasi tinggi kepada pihak penyelenggara atas diadakannya pelatihan ini.  Dunia saat ini sangat sarat dengan piranti digital yang hampir ada di setiap dimensi kehidupan. Dimana seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan sudah bisa dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih. Selain itu, era digital juga hadir demi menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar bisa lebih modern dan juga lebih praktis. Kadisdikpora Kabupaten Buleleng meyampaikan kepada seluruh satuan pendidikan di kabupaten buleleng harus mengikuti era baru dan transformasi digitalisasi.


“ kepada seluruh satuan pendidikan mau tidak mau, suka tidak suka, harus mampu bertransformasi digital” ucap astika.


Dalam kegiatan yang di laksanakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo Yogyakarta memberikan pelatihan kepada seluruh perwakilan guru di satuan pendidikan kabupaten buleleng  memberikan mengenai thematic academy. thematic academy  merupakan salah satu akademi dari Digital Talent Scholarship tahun 2020 yang ditujukan spesifik pada sektor industri/kalangan tertentu, dimana kurikulumnya telah disesuaikan dengan kebutuhan industri. 


Program Thematic Academy bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan daya saing bangsa di era industri 4.0 seperti saat ini. Pada pelaksanaannya, Kementerian Kominfo melibatkan beberapa pihak terkait mulai dari akademisi, industri, hingga beberapa komunitas sesuai masing-masing tema.  Hal ini sangat bermanfaat pada situasi saat ini yang dimana kegiatan pembelajaran daring maupun luring.


Kadisdikpora kabupaten buleleng menyampaikan kepada seluruh guru yang mengikuti pelatihan ini  mampu menguasai teknologi  serta mampu mendeseminasikan pemahamannya ke sekolah masing-masing.  Dukungan Disdikpora  kabupaten buleleng sudah terlaksana saat ini adalah memberikan komputer atau laptop sebanyak 15 buah kepada 185 sekolah di seluruh satuan pendidikan di buleleng untuk menunjang  kegiatan pembelajaran dan bisa dimanfaatkan untuk pemanfaatan teknologi serta yang paling utama adalah persiapan untuk assemen nasional.  



Pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta yang dimana 30 peserta dari satuan pendidikan tingkat SD dan 30 peserta dari satuan pendidikan SMP di seluruh kabupaten buleleng.