(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pelatihan Teknis Perencanaan Pendidikan Merdeka Belajar

Admin disdikpora | 13 Juli 2023 | 683 kali

DENPASAR 13 JULI 2023 | DISDIKTODAY

Pelatihan Teknis Perencanaan Pendidikan Merdeka Belajar diadakan di Balai Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali, yang terletak di Jalan Letda Tantular, Renon, Denpasar, Bali. Pelatihan yang  berlangsung mulai dari hari Minggu, 9 Juli 2023, hingga Sabtu, 15 Juli 2023 yang dihadiri Dinas Pendidikan Olahraga Kab. Buleleng dalam hal ini diwakilkan oleh Staf pembinaan GTK dan Perencanaan Pendidikan.


Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta terkait dengan perencanaan pendidikan dalam konteks program Merdeka Belajar. Program Merdeka Belajar adalah inisiatif pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam memilih dan mengelola proses pembelajaran sesuai minat dan potensi mereka.


Dalam pelatihan ini, peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang konsep perencanaan pendidikan yang meliputi identifikasi kebutuhan pendidikan, pengembangan kurikulum, penggunaan sumber daya, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan program pendidikan yang berorientasi pada Merdeka Belajar. Pelatihan ini akan dilakukan melalui berbagai metode seperti sesi presentasi, diskusi, dan studi kasus untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam merencanakan pendidikan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Merdeka Belajar dari Pusdiklat Pegawai Kemendikdubristek 


Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan program pendidikan yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan peserta didik.