(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAPAT KOORDINASI ANTISIPASI TINDAK KEKERASAN PADA ANAK DI SATUAN PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 19 Mei 2021 | 441 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAPAT KOORDINASI ANTISIPASI TINDAK KEKERASAN PADA ANAK DI SATUAN PENDIDIKAN

Singaraja, Rabu 19 Mei 2021 | DISDIKTODAY

Hari ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M melakukan koordinasi dengan Dinas PPKBPPA Kabupaten Buleleng yang dihadiri oleh Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak, Putu Agustini, SST. Keb, M.A.P dan Ketua harian P2TP2A, Made Ricko Wibawa, S.H bertempat diruang rapat Kadis, Rabu 19/5/21.

 

Tujuan dilaksanakannya pertemuan ini adalah melakukan koordinasi antisipasi kekerasan pada anak disatuan pendidikan mencegah kasus kekerasan pada anak-anak terutama disekolah. Selain itu,  Salah satu upaya pencegahan terjadinya kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan adalah melalui pengenalan bahaya kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan.Sekolah juga merupakan lingkungan terdekat dengan anak setelah keluarga sehingga diperlukan peran bersama agar kekerasan seksual terhadap anak bisa dicegah sejak dini.

 

Lebih lanjut pertemuan ini lebih banyak melakukan diskusi dengan berbagai macam masukan dan saran dari Dinas PPKBPPA Kabupaten Buleleng dan melibatkan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Bidang Pembinaan SMP, Korwas Kabupaten Buleleng didampingi Kasubbag Perencanaan. 

 

Dari hasil diskusi bersama ada beberapa point dalam upaya mencegah tindak kekerasan pada anak yang disampaikan oleh Kadisidkpora Buleleng diantaranya yang pertama Sosialisasi Gerakan Nasional Anti Kekerasan Seksual Terhadap Anak (GN-AKSA)  ke sekolah-sekolah, kedua Pendidikan Keluarga dioptimalkan, dari kelembagaan komite Sekolah dioptimalkan melalui peguyuban (forum perkumpulan orang tua), dan Kegiatan ekstrakulikuler melalui KSPAN juga bisa menjadi media penyampaian bagi siswa kita.Sementara itu, dalam sosialisasi PPDB pada tanggal 24 Mei 2021 juga akan mengundang Dinas PPKBPPA Kabupaten Buleleng agar bisa memberikan sosialisasi terkait GN-AKSA.

 

Kepala Disdikpora kabupaten Buleleng juga berharap kedepan melalui kegiatan ini bisa mengantisipasi adanya kekerasan seksual khususnya pada anak-anak di bawah memberikan pemahaman kepada orang tua baik melalaui sosisalisasi, edukasi kesekolah-sekolah agar  setidaknya bisa mencegah dan mengurangi tindak kekerasan kepada anak-anak kita di Buleleng.” Ungkap Kadisdikpora Buleleng.

 

Sementara itu  Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak juga menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mendukung kegiatan ini. Tentu melalui koordinasi  dengan Disdikpora Kabupaten Buleleng,  kita akan mencoba melakukan sosialisasi maupun edukasi tentang bagaimana hal-hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan terhadap tindak kekerasan seksual pada anak.Selain itu, dari selama ini dari  Dinas PPKBPPA Kabupaten buleleng sudah melaksanakan  Gerakan Nasional Anti Kekerasan Seksual Terhadap Anak yang sering disingkat dengan GN-AKSA ke sekolah-sekolah.