(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KEPALA SEKOLAH DIHIMBAU IKUT LAKUKAN PENGAWASAN DAK FISIK TAHUN 2022

Admin disdikpora | 22 April 2022 | 691 kali

KEPALA SEKOLAH DIHIMBAU IKUT LAKUKAN PENGAWASAN DAK FISIK TAHUN 2022


Singaraja, Jumat 22 April 2022 l DISDIKTODAY


Pagi ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M secara resmi membuka 

Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik jenjang SD tahun 2022 bertenpat di aula korwil Disdikpora kecamatan Buleleng, jumat, 22/4/22.



Dalam arahan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng dapat disampaikan bahwa Penggunaan DAK fisik diharapkan dapat  meningkatkan layanan pendidikan dengan mendukung kebijakan zonasi layanan pendidikan. Dana Alokasi Khusus tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik merupakan dana yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional



Untuk di Kabupaten Buleleng, khususnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng  kegiatan pelaksanaan Dana Alokasi Khusus untuk tahun ini  dilakukan  dengan mekanisme pengadaan barang/jasa melalui penyedia dan dipertanggungjawabkan oleh penyedia selaku penerima dana. Kepala sekolah diharapkan bersama - sama ikut mengawasi pelaksanaan  kegiatan DAK  fisik tahun 2022 sehingga siswa bisa belajar dengan aman dan nyaman.


Perlu diketahui bersama bahwa ada 35 sekolah jenjang SD menerima bantuan DAK fisik tahun 2022 baik dari bantuan rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta dengan perabotannya, Pembangunan kamar mandi,, /jamban/Mandi Cuci Kakus, pembangunan ruang UKS  beserta perabotannya, pembangunan ruang Perpustakaan beserta perabotannya dan Pembangunan ruang Guru guru beserta perabotannya. 



Sementara itu, dari laporan Kabid Pembinaan SD, Dra. Made Sri Suparmi didampingi Kasi Sarpras SD, Gede Bani Purbawa, S. T, menyampaikan bahwa tujuan dari pertemuan ini adalah yang pertama terciptanya persamaan persepsi dan pola pikir guna memperlancar pengunaan DAK tahun 2022, yang kedua sekolah dapat memahami mekanisme pelaksanaan kegiatan DAK tahun 2022 dan yang terakhir bersama - sama mengawasi proses pelaksana kegiatan DAK fisik termasuk juga dengan penyedia. Kegiatan rapat koordinasi ini dilaksanakan sehari dengan Peserta 70 orang terdiri dari kepala sekolah 35 orang dan komite sekolah 35 orang. 



Lebih lanjut, Hasil yang diharapkan dari pertemuan ini adalah peserta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang mekanisme pelaksanaan penggunaan DAK fisik tahun 2022 dan sekolah kut berperan aktif dalam melakukan pengawasan yang dilakukan oleh penyedia.