(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

LOKAKARYA FASILITASI PENGAWAS SEKOLAH

Admin disdikpora | 13 Februari 2023 | 865 kali

LOKAKARYA FASILITASI PENGAWAS SEKOLAH


Singaraja, Minggu 12 Februari 2023 | DISDIKTODAY

Sebanyak 31 Pengawas Sekolah jenjang TK, SD, SMP dan SMA mengikuti Lokakarya Fasilitasi Pengawas Sekolah Penggerak Angkatan 1 pada Minggu 12 Februari 2023 di SMK Negeri 2 Singaraja


Kegiatan yang diselenggarakan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bali tersebut dihadiri langsung Kepala BGP Provinsin Bali Dr. I Wayan Surata, S.Pd.,M.Pd. selaku penanggung jawab program serta dibuka resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,M.A.P.,  mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.


Dalam laporan kegiatan Kepala BGP Provinsi Bali memaparkan ke depan pola pendampingan  pada sekolah penggerak adalah optimalisasi dari bagian tugas pengawas. Walaupun yang menjadi dilema saat ini adalah jumlah pengawas sekolah yang sangat terbatas. 


Lebih lanjut Kepala BGP Provinsi Bali menyampaikan bahwa untuk mewujudkan sekolah yang tetap bergerak diawali dari optimalisasi Komite pembelajaran (KP), dari Komite Pembelajaran akan menjadi besar dalam wadah Komunitas Belajar (Kombel). Sekolah-sekolah penggerak sudah  banyak mengalami terobosan-terobosan, dan buku tentang praktik baik sudah di-launching dan  berbentuk cerita supaya berbeda dari buku-buku sebelumnya. Diharapkan Sekolah Penggerak sudah mulai mandiri dimana kegiatan tetap ditekankan pada Lokakarya kemudian diimplemnetasikan pada aksi nyata. Wujudkan sekolah yang berorientasi pada peserta didik dengan motto “Sehat badannya, Bahagia Jiwanya".


Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P didampingi oleh Kepala Seksi GTK SD, Ni Luh Putu Lasmini, SH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara materiil khsusnya anggaran pihak pemda melalui Disdikpora belum mengalokasikan secara optimal, tetapi secara moril Disidkpora berusaha mengupayakan mengikuti seluruh kegiatan pusat yang berorientasi pada pengingkatan kualitas pendidikan dengan melibatkan seluruh komponen terkait.


Saat ini Kabupaten Buleleng akan mempersiapkan diri menerima handover dari pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 yang akan berakhir pada akhir 2023. Salah satu bentuk kesiapan dimaksud adalah bagaimana pengawas sekolah secara lebih intens mendampingi Sekolah Penggerak terutama level mana yang sudah dicapai dalam penuntasan program hingga menjadi sekolah mandiri, karena yang lebih tahu kondisi ini adalah para pengawas sekolah.


Lokakarya Fasilitasi Pengawas diikuti peserta dari Kabupataen Buleleng dan Kota Denpasar yang dibagi ke dalam 5 kelas didampingi Fasilitator Sekolah Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar.   Adapun tujuan dari kegiatan Lokakarya Fasilitasi Pengawas Sekolah (PS)   Program Sekolah Penggerak angkatan 1  adalah Peserta memahami peran pengawas sekolah bagi pendampingan kepala sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar guru dan berbagi praktik baik secara berkala.Selain itu, Peserta memahami alur dan tahapan pembuatan program pendampingan kepala sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar guru dan berbagi praktik baik secara berkala.Tak hanya itu,  Peserta juga memahami pendekatan dan strategi dalam menggali kebutuhan kepala sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar guru dan yang terkahir Peserta memahami teknik dan metode analisis kebutuhan kepala sekolah.