(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI, PULUHAN GURU DAN SISWA BULELENG IKUTI METODE PELATIHAN GASING

Admin disdikpora | 02 Oktober 2023 | 1041 kali

TINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI, PULUHAN GURU DAN SISWA BULELENG IKUTI METODE PELATIHAN GASING 


Singaraja, Senin 2 Oktober 2023 l DISDIKTODAY

Gasing adalah metode belajar matematika yang dikembangkan oleh Ahli Fisika Indonesia, Prof. Yohanes Surya. Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan.


Terkait hal tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Yayasan Teknologi Indonesia  Jaya dengan menggelar program pelatihan pandai berhitung dengan metode Gasing dengan tema Buleleng pandai berhitung bertempat di SD N 3 Banjar Jawa, Senin, (2/10) pagi.


Kegiatan diawali dengan laporan Plt. Kabid GTK, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P. yang juga selaku Sekretaris Dinas.Dari pembacaan laporan dapat disampaikan bahwa kegiatan Gasing ini ikuti Guru dan siswa dengan total peserta kurang lebih 90 orang dimulai dari hari ini tanggal  2 Oktober sampai dengan 18 Oktober 2023 dengan melibatkan 10 orang trainer dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M. saat membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa 32 orang guru yang ikut dalam kegiatan ini nantinya diharapkan menjadi desiminator - desiminator ke satuan pendidikan di Kabupaten Buleleng. 


Kegiatan ini merupakan arahan dari Presiden RI, Jokowidodo dan didukung Kemendagri, Kemendikbudristek melalui Perdirjen nomor 0836/B/HK.04.01/2023 tentang penyelenggaraan pelatihan peningkatan numerasi, serta SE Mendagri nomor 400.1.7/2097/SJ tentang percepatan capaian pendidikan numerasi sekolah dasar di daerah dan Surat dari Gubernur Bali tentang percepatan capaian pendidikan numerasi sekolah dasar di daerah.


Berkaitan dengan hal  tersebut Pemerintah Kabupaten Buleleng berkomitmen dengan  melakukan penandatangan MOU yang ditanda tangani oleh Pj. Bupati Buleleng bukti kerjasama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.Pihaknya juga berharap ada hasil dari kegiatan ini, bagi siswa yang berkebutuhan khusus guru diharapkan dalam perjalanannya mengajak orang tua anak bersangkutan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan anak tersebut.Hal ini akan dijadikan testimoni untuk dijadikan evaluasi apakah pelatihan program Gasing ini bermanfaat atau tidak."Kepada Guru kami berharap keluar dari zona nyaman,  bagiamana agar mata pelajaran Matematika menjadi Gampang, Asik dan Menyenangkan bagi siswa - siswi kita.Peserta juga diharapkan mengikuti kegiatan dengan baik serta kupas tuntas metode gasing untuk meningkatkan literasi dan numerasi, sehingga Buleleng menjadi kabupaten pintar berhitung." Pungkasnya 


Sementara itu, Dwi Septi Oktavina salah satu Trainer Gasing  dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya mengungkapkan bahwa program metode Gasing tidak hanya mengajarkan  menghitung Matematika namun mengajarkan komunikasi, kolaborasi dan kebudayaan yang akan diterapkan dalam pembelajaran tersebut, jadi pembelajaran menjadi menyenangkan.  Harapan kepada Guru dan Siswa tentang Metode Gasing ini adalah mengubah paradigma belajar matematika adalah sebuah momok bagi siswa, namun melalui kegiatan ini merubah pola pikir siswa bahwa pembelajaran matematika menjadi  gampang, asik dan menyenangkan.