(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BUKA WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SATUAN PAUD SE - BULELENG

Admin disdikpora | 12 Juni 2023 | 860 kali

KADISDIKPORA BUKA WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SATUAN PAUD SE - BULELENG


Singaraja, Senin, 12 Juni 2023 l DISDIKTODAY

Siang ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M. hadir sekaligus membuka kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Satuan PAUD Se - Kabupaten Buleleng, bertempat di Hotel Aneka lovina villas & spa, Senin, 12/6/23.

Sebelum membuka acara, Kepala Disdikpora Astika menegaskan bahwa  " kolaborasi Tri sentra pendidikan yang terdiri dari Sekolah, Masyarakat dan Pemerintah  sangat diperlukan. Terkait hal tersebut,  salah satu peran pemerintah dapat kita lihat melalui peluncuran Episode ke 24 Merdeka Belajar.Episode ke 24 Merdeka belajar menjelaskan bahwa bagaimana anak-anak kita memperoleh pendidikan yang sesuai dengan tahap perkembangannya.Apalagi  beberapa hari kemarin, tepatnya pada tanggal  7 Juni 2023, saya selaku Kadisdikpora beserta Bunda PAUD Kabupaten Buleleng hadir di Jakarta dalam acara Komitmen Bersama mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan."ungkap Astika.

Sementara itu, Kadisdikpora Buleleng berharap nantinya para peserta  dapat menyerap ilmu dari narasumber dan mampu mengaplikasikannya di lembaga masing - masing. "Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar juga harus Bapak Ibu optimalkan. Demikian pula pengimbasan sangat diharapkan sehingga terjadi harmonisasi dan keselarasan gerak antara semua satuan PAUD di Kabupaten Buleleng dalam mendukung pemberlakuan kurikulum merdeka menuju generasi emas, cerdas dan berkarakter profil pelajar Pancasila." Ujarnya.

Disisi lain, dari laporan Plt. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Dra. Made Sri Suparmi didampingi, Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd, M.Pd.,  menyampaikan bahwa peserta kegiatan ini berjumlah 30 orang perwakilan tim penyusun kurikulum satuan PAUD baik Negeri maupun Swasta se - Kabupaten Buleleng berasal dari  TK Negeri yang belum pernah mengikuti workshop tetapi sudah mendaftar IKM jalur mandiri dan TK Swasta yang belum mendaftar IKM jalur mandiri.Para peserta nantinya akan mengikuti workshop ini selama empat hari, dimulai dari hari  senin tanggal 12 sampai dengan hari kamis, 15Juni 2023.

Untuk lebih memantapkan materi, kali ini Disdikpora Kabupaten Buleleng menghadirkan Narasumber dari Unsur Dosen UNIPAS Singaraja yang berstatus sebagai Fasilitator PSP PAUD Buleleng, sebanyak 2 orang dan Unsur Kepala Sekolah Pelaksana PSP Tahap 1, sebanyak 2 orang. Lebih lanjut,   adapun beberapa hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini diantaranya Peserta dapat menyusun dan mengimplementasikan kurikulum merdeka pada satuan masing-masing, Peserta memahami semua fitur yang ada di PMM serta mampu memanfaatkannya secara optimal, Peserta mampu mengimbaskan materi yang didapatkan kepada rekan sejawat di tempatnya bertugas dan juga yang bertugas di satuan pendidikan lainnya, dan Peserta siap untuk menjadi katalisator dalam hal penerapan kurikulum merdeka sehingga nantinya seluruh satuan PAUD Buleleng dapat bergerak dan maju bersama meningkatkan kualitas layanan yang semakin baik dan merata. Sementara itu, memberikan pemahaman kepada tim penyusun kurikulum satuan PAUD tentang struktur kurikulum merdeka serta optimalisasi pemanfaatan platform merdeka mengajar sebagai sarana belajar dan berbagi adalah tujuan  dari kegiatan ini.