(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG LAKUKAN PERCEPATAN VERVAL DATA AKTIVASI REKENING PIP

Admin disdikpora | 01 Februari 2024 | 1314 kali

DISDIKPORA BULELENG LAKUKAN PERCEPATAN  VERVAL DATA AKTIVASI REKENING PIP 

Sukasada, Kamis 1 Februari 2024 l DISDIKTODAY

Beberapa Guru di Kecamatan Sukasada mengikuti Sosialisasi aktivasi Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2023 bertempat di SD N 2 Wanagiri, Kamis (1/2).


Terkait hal tersebut, seijin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, pagi ini Subkor Peserta Didik, Nyoman Yasa, S.Pd., M.M bersama Tim PIP Kabupaten jenjang SD melakukan verifikasi dan validasi penyediaan beasiswa bagi keluarga kurang mampu jenjang Sekolah Dasar tahun ajaran 2024/2025 dan laporan realisasi PIP yang belum aktivasi rekening tahun 2023.


Dari penyampaian Subkor Peserta Didik SD, Nyoman Yasa menyampaikan bahwa Peserta didik yang telah melakukan aktivasi rekening akan segera  ditetapkan sebagai Penerima PIP yang tercantum dalam SK Pemberian PIP dan selanjutnya dana bantuan PIP langsung dikirim ke rekaning SimPel peserta didik.  Sebaliknya,  bagi peserta didik yang tidak melakukan aktivasi rekening sampai batas waktu yang telah ditentukan, akan dibatalkan sebagai penerima PIP.


Perlu diketahui bersama bahwa faktor ‘Kondisi siswa’ lain yang juga menyumbang terbesar dalam kendala aktivasi rekening adalah penerima PIP mutasi ke satuan pendidikan lain serta penerima PIP tidak berada di satuan pendidikan dalam waktu yang lama sehingga melewati batas akhir aktivasi. Selain itu, juga ada penerima PIP yang menolak bantuan PIP karena merasa tidak layak dan juga karena siswa penerima PIP sedang dalam keadaan sakit.


Secara umum harapan Disdikpora Kabupaten Buleleng bagi Kepala Sekolah terhadap  pengusulan bagi calon penerima PIP agar memperhatikan latar belakang siswa kurang mampu dan memang perlu dibantu dengan bukti kunjungan kerumah siswa bersangkutan.


Selain itu bagi siswa yang sudah memiliki DTKS atau PPPKE memperoleh bantuan program PIP agar melaporkan sehingga ada  tindak lanjut terkait verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh Tim PIP Kabupaten.Dengan catatan data tersebut merupakan hasil pemadanan pada Dapodik dengan DTKS dan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPPKE).


Dalam kegiatan ini turut hadir mendampingi  Korwil Disdikpora Kecamatan Sukasada, Putu Sukradati.M.Pd