(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DUKUNGAN DISDIKPORA BULELENG DALAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING PADA ANAK SEKOLAH

Admin disdikpora | 27 Oktober 2022 | 813 kali

DUKUNGAN DISDIKPORA BULELENG DALAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING PADA ANAK SEKOLAH


Singaraja, Kamis 27 Oktober 2022 l DISDIKTODAY


Dalam upaya percepatan penurunan stunting di Provinsi Bali diperlukan adanya koordinasi antara lintas program dan lintas sektor terkait sehingga aksi konvergensi penurunan stunting di Kabupaten/Kota dapat berjalan sesuai yang diharapkan.Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Bali menyelenggarakan Koordinasi Lintas Program/Lintas Sektor dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting di 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Untuk di Kabupaten Buleleng kegiatan serupa dilaksanakan pagi tadi, kamis, 27/11/22 bertempat di aula rangon sunset, pantai penimbangan. 


Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Seijin Kadisdikpora Buleleng, hadir Sekretaris Disdikpora Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P.,  hadir sebagai narasumber guna menyampaikan materi dukungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dalam pencepatan penurunan stunting pada anak sekolah.



Dari paparan materi dapat dijelaskan bahwa, sesuai Visi Disdikpora Kabupaten Buleleng Mewujudkan Pelayanan Pendidikan, Kepemudaan dan keolahragaan  yang Merata,  Berkeadilan    dan    Berkualitas, serta Misi Meningkatkan Aksebelitas dan Kualitas Pendidikan. Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Pendidikan Kepemudaan  dan Keolahragaan serta Kinerja Aparatur, Meningkatakan Pemberdayaan Kepemudaan yang Produktif, dan Meningkatkan Pemasyarakatan Olahraga yang Berkualitas dan Berprestasi.



Perlu diketahui bersama bahwa kebijakan Bidang PAUD Kabupaten Buelleng atas dasar arah kebijakan Disdikpora Kabupaten Buleleng adalah yang pertama Perluasan akses pendidikan PAUD dengan mendorong terbentuknya Satuan PAUD Negeri, Pemdes, Yayasan, kedua  Peningkatan kualitas dan mutu layanan PAUD dengan mendorong pemenuhan 8 Standar Nasional PAUD, ketiga Mendorong Satuan PAUD untuk mengikuti akreditasi, keempat Optimalisasi Peran Tri Sentra Pendidikan dan Sinkronisasi program daerah dan yang terakhir pusat dalam peningkatan kualitas mutu layanan PAUD.



Sementara itu, sampai saat ini dari data TK, TPA, dan KB di Kabupaten Buleleng untuk kecamatan Buleleng ada 6 TK Negeri, 13 TK Swasta milik Desa , 40 TK Swasta milik Yayasan, 6 TPA dan 14 KB. Kecamatan Banjar  ada 6 TK Negeri, 11 TK Swasta milik Desa , 4 TK Swasta milik Yayasan. Kecamatan Seririt ada 5 TK Negeri, 15 TK Swasta milik Desa , 8 TK Swasta milik Yayasan dan 6 KB. Kecamatan Busungbiu  ada 2 TK Negeri, 14 TK Swasta milik Desa , 2 TK Swasta milik Yayasan, 1 KB.Kecamatan Sukasada ada 3 TK Negeri, 11 TK Swasta milik Desa , 14 TK Swasta milik Yayasan, 2 TPA dan 5 KB. Kecamatan Kubutambahan ada 5 TK Negeri, 5 TK Swasta milik Desa , 7 TK Swasta milik Yayasan. Kecamatan Tejakula ada 2 TK Negeri, 7 TK Swasta milik Desa , 4 TK Swasta milik Yayasan, 1 KB dan yang terakhir Kecamatan Sawan hanya ada 13 TK Swasta milik Desa dan 12 TK Swasta milik Yayasan.Jadi total keseluruhan ada 273.



Tindak lanjut Disdikpora untuk penurunan stunting di Kabupaten Buleleng di tahun 2022 adalah Merekomendasi 20 orang guru PAUD sebagai peserta  Bimtek Pelatihan Calon Pelatih (PCP) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Program Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022, Melaksanakan kegiatan pengimbasan oleh peserta PCP terhadap 35 orang yang terdiri dari koordinator Gugus PAUD se - Kabupaten Buleleng, ketua PKG,  ketua Himppaudi, ketua IGTKI Kabupaten Buleleng dan perwakilan penilik Kabupaten Buleleng dan Menerbitkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Nomor 188,342/3824/Disdikpora/2021 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Kabupaten Buleleng.


Tidak hanya itu saja di tahun 2023 nantinya akan dilaksanakan kegiatan penguatan berupa BIMTEK terhadap perwakilan guru PAUD utamanya kepada guru yang bertugas pada daerah lokus-lokus stunting di Kabupaten Buleleng dan Melaksanakan pengawasan, monev dan evaluasi sebagai langkah penguatan terhadap pelaksanaan PAUD HI oleh 100 satuan PAUD Se- Kabupaten Buleleng.