(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PESTA SIAGA KWARAN SUKASADA TAHUN 2023

Admin disdikpora | 29 Juli 2023 | 885 kali

PESTA SIAGA KWARAN SUKASADA TAHUN 2023


Pancasari, Sabtu 29 Juli 2023 |DISDIKTODAY


Dingin hawa pagi di tepi Danau Buyan Desa Pancasari Kecamatan Sukasada tidak menyurutkan semangat dan antusias anak-anak peserta Pesta Siaga Kwaran Sukasada Tahun 2023. Sekitar sebanyak 232 peserta pa dan pi mengikuti pesta siaga yang diselenggarakan pada hari Sabtu 29 Juli 2023 di Bumi Perkemahan Gangga Buyan.


Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP yang juga sebagai Ketua Komisi Bidang Bina Muda Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng mewakili Kakwarcab Gerakan Pramuka Buleleng sekaligus mewakili Kepala Disdikpora Buleleng membuka kegiatan secara resmi bersama dengan Kamabiran Sukasada dan Kamabigus SD Negeri se Kecamatan Sukasada.


Dalam kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama satu hari ini anak-anak Pramuka siaga yang terdiri dari siswa-siswi usia 7 sampai 10 tahun pada 58 sekolah negeri di kecamatan Sukasada nantinya akan mendapatkan pendidikan di alam tebuka, pemahaman dan internalisasi penguatan profil pelajar Pancasila serta kegiatan ketangkasan lainnya.


Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng mengajak seluruh Kepala Satuan Pendidikan khususnya jenjang SD yang sekaligus bertindak selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan agar terus menggelorakan semangat pendidikan Kepramukaan di tingkat satuan pendidikan masing-masing. Lebih lanjut disampaikan bahwa sesuai dengan amanat permendikbud 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menjadi acuan dalam pelaksnaan pendidikan Kepramukan di sekolah. Berdasarkan ketentuan tersebut juga, maka kepala sekolah dapat mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pendidikan kepramukaan di satuan pendidikan serta mendorong Bapak Ibu guru untuk mengikuti pelatihan pembina Pramuka.


Sementara itu dengan mengusung tema, Seru, Edukatif dan Menyenangkan itu diisi berbagai kegiatan ketangkasan siaga yang diantaranya juga dikemas dalam bentuk kegiatan kunjungan ke nusantara. Selain itu juga kegiatan menyenangkan ini diharapkan dapat memotivasi dan menggelorakan kembali semangat pentingnya  pendidikan kepramukaan yang sempat fakum selama pandemi Covid-19.