(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA HADIRI "GROUND BREAKING" PEMBANGUNAN KAMPUS UT DI BALI

Admin disdikpora | 08 Juni 2021 | 323 kali

DISDIKPORA HADIRI "GROUND BREAKING" PEMBANGUNAN KAMPUS UT DI BALI

 

 

Denpasar, Senin 7 Juni 2021 | DISDIK TODAY

 

Sebagai upaya meningkatkan dan mendekatkan layanan pendidikan bagi mahasiswa dan masyarakat, khususnya pendidikan tinggi, Universitas Terbuka mulai membangun kampus di Bali. Pembangunan kampus yang berlokasi di wilayah Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar ditandai dengan acara "Ground-Breaking" pada hari Senin, 7 Juni 2021.

 

UT sebagai salah satu kampus negeri didesain khusus pemerintah untuk memberikan akses pendidikan tinggi yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat. UT hadir sebagai solusi peningkatan kompetensi masyarakat Indonesia yang susah bekerja, yang jauh dari akses layanan pendidikan tinggi dan layanan pendidikan tinggi bagi lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan kuliah tanpa harus meninggalkan domisilinya.

 

Karena dalam konteks pendidikan jarak jauh bukan masyarakat yang datang ke kampus, tetapi kampus yang datang ke tengah-tengah kehidupan masyarakat, "learning at the back door" belajar di belakang pintu. Demikian diungkapkan Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus.,Ph.D. dalam laporannya. Lebih lanjut disampaikan bahwa UT hadir dengan misi memberikan kesempatan bagi masyarakat yang sudah bekerja yang ingin meningkatkan kualifikasi pendidikannya,  apakah di jenjang S1, S2 atau bahkan S3.

 

Misi berikutnya adalah memberikan kesempatan bagi lulusan SLTA yang tidak tertampung di perguruan tinggi berkualitas, tanpa meninggalkan domisilinya. "Saat ini sudah banyak dari mereka "fresh graduates" yang bergabung di UT,  dimana mereka tetap dapat bersama orang tuanya membangun ekonomi keluarga, dan pada saat bersamaan berkesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi. Selain itu, ke depan UT juga selalu siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se Bali untuk memajukan pendidikan di tanah air," ucapnya.

 

Acara yang dibuka resmi Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. diisi peletakan batu pertama dan peninjauan lokasi area pembangunan kampus senilai 1 milyar rupiah.  Acara yang menerapkan prokes COVID-19 secara ketat ini juga dihadiri Forkopimda Bali, Pimpinan DPRD Provinsi Bali, Bupati/Walikota se Bali, SKPD terkait di Provinsi Bali dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Bali. Sementara Disdikpora Kab. Buleleng dihadiri Sekretaris Disdikpora, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP.