(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

32 SATUAN PENDIDIKAN DITETAPKAN MENJADI SEKOLAH ADIWIYATA KABUPATEN TAHUN 2023

Admin disdikpora | 18 November 2023 | 655 kali

32 SATUAN PENDIDIKAN  DITETAPKAN MENJADI SEKOLAH ADIWIYATA KABUPATEN TAHUN 2023

Singaraja, Selasa 18 November 2023 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M. menghadiri acara Penyerahan Surat Keputusan Bupati Buleleng tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023 di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa (28/11).


Dari laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng,  Gede Melandrat, S.P., dapat disampaikan bahwa  Jumlah sekolah yang dibina dan dinilai sebagai calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023 berjumlah 34 (tiga puluh empat) sekolah yang terdiri dari 22 (dua puluh dua) Sekolah Dasar dan 12 (dua belas) Sekolah Menengah Pertama.

Sementara itu, terkait pembinaan dan penilaian kepada Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023 dilaksanakan secara periodik baik daring dan luring dari bulan Pebruari sampai dengan Oktober 2023. Berdasarkan hasil verifkasi dan penilaian Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten Buleleng Tahun 2023 sebagaimana tercantum dalam Berita Acara Nomor : 400.3/1592/Penaatan/DLH/2023 tanggal 3 Nopember 2023, dinyatakan bahwa sebanyak 32 (tiga puluh dua) sekolah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Buleleng Tahun 2023.Sampai dengan Tahun 2023 Pemkab Buleleng telah memiliki 6 Sekolah Adiwiyata Mandiri, 12 Sekolah Adiwiyata Nasional, 22 Sekolah Adiwiyata Provinsi dan 75 Sekolah Adiwiyata Kabupaten.

Perlu diketahui bersama bahwa sebelumnya prestasi Program Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Buleleng, dimana pada Tahun 2023 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk Kabupaten Buleleng ditetapkan sebanyak 3 (tiga) Sekolah Adiwiyata Mandiri dan  4 (empat) Sekolah Adiwiyata Nasional.

Penyerahan Surat Keputusan Bupati Buleleng tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023 diserahkan Penjabat Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. kepada Kadis DLH dan perwakilan Satuan Pendidikan dengan presdikat nilai tertinggi. Lebih lanjut, Sekda Suyasa saat memberikan sambutan dan arahan mengucapkan terima kasih kepada seluruh sekolah yang sudah ditetapkan menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten Buleleng Tahun 2023.Satuan Pendidikan yang sudah ditetapkan di Kabupaten diharapkan tahun berikutnya dapat ditingkatkan ke predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi, Nasional serta Mandiri dengan tetap membudayakan karakter sikap peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

Disisi lain, Kadisdikpora Astika sesusai acara menyampaikan selamat kepada satuan Pendidikan yang telah ditetapkan menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten Buleleng Tahun 2023. " Semoga Satuan Pendidikan terus melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di sekolah, yang bertujuan untuk mendorong terjadinya aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup,"harapnya.Lebih lanjut, program ini diharapkan semua warga sekolah ikut terlibat dalam Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) guna menuju lingkungan sekolah yang sehat, asri, hijau serta menghindari dampak lingkungan yang negatif dan yang terpenting dengan ditetapkan menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten Buleleng Tahun 2023 bisa memacu Satuan Pendidikan lainnya untuk ikut berlomba meraih predikat di Kabupaten sebagai modal dasar berjuang ke Provinsi dan Nasional.