(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG : " PAUD HARUS BERORIENTASI PADA HOLISTIK INTEGRATIF"

Admin disdikpora | 18 Mei 2024 | 1055 kali

KADISDIKPORA BULELENG : " PAUD HARUS BERORIENTASI PADA HOLISTIK INTEGRATIF"


Singaraja, Sabtu 18 Mei 2024 l DISDIKTODAY

Setelah berlangsung selama seminggu, akhirnya Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif bagi Satuan Pendidikan Tahun 2024, secara resmi ditutup Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., Sabtu, (18/5).


Lebih lanjut, dalam arahannya, Kadis Astika sebelum menutup kegiatan secara resmi memberikan pesan agar nantinya Bapak ibu guru melakukan evaluasi diri sehingga apa yang diperoleh saat bimtek ini bisa diimplementasikan ke Satuan Pendidikan bersangkutan terkait Holistik Integratif.


Dalam konteks PAUD HI, Kadis Astika mengungkapkan, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari pendidikan, perlindungan, pembelajaran, kesehatan, gizi, pengasuhan, serta penjagaannya. “Semua itu adalah target-terget dari pendidikan anak, anak tidak boleh lagi stunting, anak tidak boleh lagi tidak merasakan nyamannya belajar di sekolah, semua menjadi tugas dan tanggung jawab kita. Kegiatan Bimtek Manajemen Pengelolaan Pendidikan PAUD Holistik Integratif diharapkan juga bisa memberikan perubahan kearah yang lebih baik dan tentunya dilaksanakan, sehingga anak - anak kita di tahun 2045 bisa menjadi lebih baik menuju generasi emas." ungkap Astika.


Sejatinya PAUD berkualitas sendiri terdiri dari empat elemen, yaitu kualitas proses pembelajaran; kemitraan atau kerja sama dengan orang tua; pemantauan pemenuhan layanan Kesehatan, Gizi, Perlindungan, Pengasuhan & Kesejahteraan Anak atau yang dikenal dengan PAUD HI (Holistik Integratif). Empat layanan tersebut dipercaya mampu membantu pencegahan (prevensi) dan penanganan (mitigasi) stunting pada anak


Sebelum ditutup kegiatan diisi dengan pemaparan materi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P., mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng tentang kebijakan Disdikpora Kabupaten Buleleng Gerakan PAUD Holistik  Integratif.


Dari laporan Plt. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Putu Pasek Sujendra, S.Pd. didampingi Kasi Kelembagaan Sapras PAUD dan PNF, Nyoman Widiari, S.E., menyampaikan bahawa kegiatan Bimtek ini telah berlangsung dari hari Senin 13 Mei sampai dengan sabtu 18 Mei 2024. Kegiatan ini terbagi menjadi 3 Angkatan, setiap angkatan dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Dihari terakhir diikuti Satuan Pendidikan dari kecamatan Buleleng dan Sukasada dengan jumlah peserta 60 orang.