(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BIMTEK TIM SATGAS PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2024

Admin disdikpora | 12 Juli 2024 | 1046 kali

BIMTEK TIM SATGAS PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2024


Ubud Gianyar, Jumat 12 Juli 2024 l DISDIKTODAY


Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini oleh Kasi Kurikulum Peserta Didik PAUD PNF Eka Titi Suryani, SP.M.Pd, Kasi Kurikulum dan Peserta Didik SMP Nyoman Yasa, S.Pd.M.Pd, Korwas Kab.Buleleng, Staf Perencanaan Kadek Artawan tergabung dalam Tim Satgas PPKSP Kab.Buleleng.


Dalam sambutan disampaikan salah satu tujuan besar yang tengah diupayakan bersama melalui Gerakan Merdeka  elajar episode 25 adalah terwujudnya satuan penidikan yang aman dan nyaman. Karena itulah Kemendikbudristek terus berupaya melindungi warga satuan pendidikan dari segala bentuk kekerasan. Melalui asesmen Nasional disamping memotret capaian literasi dan numerasi, juga memotret iklim lingkungan belajar dengan tujuan untuk mengakselerasi perwujudan syatem pendidikan yng merdeka dari kekerasan demi lahirnya generasi pelajar Pancasila yng cerdas dan berkarakter. 


Lebih lanjut, Permendikbudristek nomor 46 Tahun 2023 mendefinisikan kekerasan secara jelasdan terperinci serta menghilangkan area abu-abu untuk membedakan bentuk maupun cara kekerasan yang tidak boleh terjadi di lingkungan satuan pendidikan. Kekerasan dapat terjadi secara fisik, verbal, non verbal, dan/atau melalui media teknologi informasi dan komunikasi. 


Kegiatan Bimtek Satgas PPKSP bertujuan untuk mengetahui dan memahami prinsip pencegahan dan penanganan kekerasan yang harus diinternalisasi oleh TPPK dan Satuan Tugas.


Adapun jadwal pengimbasan di daerah akan dilakukan pemantauan pencegahan dan penangan kekerasan pada saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada jenjang PAUD, SD dan SMP. Selain pemantauan akan diadakan juga sosialisasi pencegahan dan penanganan melalui daring oleh TPPK dan Satuan Tugas.


Hadir pula Dinas P2KBP3A Putu Agustini, S.ST.Keb.M.A.P, Dinsos Luh Suarningsih, mengikuti Bimtek Satgas PPKSP tanggal 10 sd 12 Juli 2024, bertempat di Royal Casa Ganesha Ubud Gianyar. Kegiatan Bimtek diikuti oleh Tim Satgas PPKSP Kabupaten se-Prov.Bali, dibuka secara resmi oleh plt Kepala Disdik Kab.Gianyar , dan ditutup oleh Kepala BPMP Prov.Bali.