(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BPMP BALI LAKUKAN PEMANTAUAN PASCA PELAKSANAAN PPDB BULELENG TAHUN 2024

Admin disdikpora | 31 Juli 2024 | 1077 kali

BPMP BALI LAKUKAN PEMANTAUAN PASCA PELAKSANAAN PPDB BULELENG TAHUN 2024


Singaraja, Rabu 31 Juli 2024 | DisdikToday


Untuk memastikan pelaksanaan PPDB sesuai dengan Juknis yang telah ditetapkan, Balai Penjaminan 

Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Pemantauan Pasca Pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2024/2025.


Pemantauan selama 1 hari (31/7) dilaksanakan bersama ketua tim kerja BPMP bersama tim koordinasi PPDB Kabupaten Buleleng yang diketuai Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP.


Ni Wayan Surasmini, S.Si., M.Pd. menyampaikan, BPMP memiliki tugas melakukan pemantauan PPDB di daerah pada tahap awal dan pasca pelaksanaan. Di awal, BPMP memastikan daerah telah melakukan persiapan secara matang. Di akhir, pasca pelaksanaan, BPMP perlu meminta keterangan dalam prosesnya, dengan meminta penjelasan apakah telah sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan, kendala-kendala yang dihadapi, termasuk menghadapi pengaduan masyarakat.


Pada kesempatan itu, Disdikpora menyampaikan secara teknis PPDB di Kabupaten Buleleng berjalan sesuai ketentuan. Problemnya, banyak orangtua yang masih ngotot menyekolahkan anaknya di sekolah yang diinginkan (baca: favorit versi orangtua) dan enggan ke sekolah swasta. Hal ini memunculkan masalah, beberapa sekolah yang mengalami kelebihan jumlah siswa dalam 1 rombel dan ini yang sedang diajukan untuk mendapat persetujuan pemerintah pusat agar tidak bermasalah di Dapodik.