(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADIS ASTIKA BERI ORIENTASI GURU PPPK ANGKATAN XXVI TAHUN 2024

Admin disdikpora | 29 Agustus 2024 | 537 kali

KADIS ASTIKA BERI ORIENTASI GURU PPPK ANGKATAN XXVI TAHUN 2024


Denpasar, Kamis 29 Agustus 2024 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., berkesempatan memberikan materi kepada peserta orientasi PPPK kurikulum 2 angkatan XXVI tahun 2024 bertempat ruang melati umum lantai  3 UPTD BKPSDM Prov. Bali Jl. Hayam Wuruk 152 Denpasar, Senin (29/8).


Dihadapan guru PPPK Jenjang SD dan SMP Kadis Astika menjelaskan profil, visi misi, tupoksi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan bahwa setiap instansi pemerintah wajib untuk menyelenggarakan orientasi bagi PPPK yang baru diangkat. Orientasi merupakan kegiatan pengenalan dan penyediaan informasi mengenai aparatur sipil negara dan pembekalan kepada PPPK.


Selain itu, penting bagi seorang guru menjadi guru yang disenangi siswa dan memiliki kemampuan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan penuh rasa tanggung jawab.Selain itu, Guru juga diharapkan menguasai teknologi dalam proses pembelajaran.


"Teknologi dalam pembelajaran adalah salah satu faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan. Untuk itu, guru benar-benar cerdas memilih penggunaan media saat mengajar guna mengantarkan siswa mencapai berbagai prestasi,” ungkap Astika.


Orientasi PPPK bertujuan memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika, serta pengetahuan dasar. Semua itu menyangkut sistem penyelenggaraan pemerintahan negara dan budaya organisasi pemerintahan.


Dengan adanya orientasi, Kadis Astika berharap para PPPK bisa meningkatkan pengetahuan, keterampilkan, sikap, dan perilaku sesuai nila-nilai dasar ASN, antara lain berakhlak, berkinerja, berdaya saing, dan berorientasi pada pelayanan publik.