(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI SELEKSI CALON PESERTA PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS GURU DI KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 05 April 2024 | 1160 kali

SOSIALISASI SELEKSI CALON PESERTA PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS GURU DI KABUPATEN BULELENG


Singaraja, Jumat, 5 April 2024| DISDIKTODAY


Guru yang berkualitas dan kompeten pada bidangnya merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang proses pembelajaran bagi peserta didik. Untuk meningkatkan kualitas Guru di Kabupaten Buleleng, Putera Sampoerna Foundation (PSF) kembali berkerjasama dengan Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam program Peningkatan Kualitas Guru di Kabupaten Buleleng. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam keterampilan pedagogik melalui program pelatihan yang terfokus, kontekstual dan aplikatif yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang efektif dan pengembangan profesional lainnya pada guru SD dan SMP di wilayah Kabupaten Buleleng. Rencananya program tersebut akan diimplementasikan pada 25 orang guru SD dan 25 orang guru SMP sebagai penerima manfaat langsung dan diakhiri dengan kegiatan diseminasi terhadap 360 guru sebagai penerima manfaat tidak langsung di Kabupaten Buleleng.


Untuk mengawali kegiatan tersebut, Jumat, 5 April 2024, PSF bersama Disdikpora Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Sosialisasi Seleksi Program Peningkatan Kualitas Guru di Kabupaten Buleleng secara daring. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kadisdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M serta Bapak Agastya Y. Wahyudyatmika selaku Head of Program Implementation PSF. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait teknis program dan syarat peserta oleh Bapak Ansor Primayuda serta dipandu oleh Ibu Khusnul Yuliahtuti selaku moderator. Kegiatan dikuti oleh Kepala Sekolah maupun perwakilan guru dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Buleleng. Turut pula hadir Plt. Kabid Pembinaan GTK, Dra. Made Sri Suparmi, Kasi GTK SD, Ni Luh Putu Lasmini, S.H., M.Pd serta Subkoor GTK Paud & PNF, Ketut Suci Maryanti, S.E.


Kepala Sekolah dan guru tampak menyambut baik akan rencana program tersebut, terlihat dari hidupnya diskusi saat sesi tanya jawab. Tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi ini adalah Kepala Sekolah yang merekomendasikan beberapa guru di satuan pendidikannya yang memenuhi syarat untuk mengikuti program melalui link yang sudah diberikan oleh pihak PSF. Nantinya calon peserta harus mengikuti seleksi administrasi dan wawancara sebelum dinyatakan lulus sebagai peserta terpilih pada tanggal 17 Mei 2024.

Selanjutnya program ini nantinya akan berlangsung baik secara Daring maupun Luring sehingga  tidak mengganggu proses pembelajaran di sekolah masing-masing.