(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUPATI BULELENG APRESIASI HASIL KARYA SISWA SMP N 1 SINGARAJA

Admin disdikpora | 26 April 2022 | 444 kali

BUPATI BULELENG APRESIASI HASIL KARYA SISWA SMP N 1 SINGARAJA

Singaraja, Selasa, 16 April 2022 | DISDIKTODAY

Apresiasi diberikan  Bupati Buleleng  kepada warga SMP N 1 Singaraja khususnya siswa siswi terkait dengan adanya pameran panen hasil karya siswa.Pameran panen hasil karya siswa ini menunjukkan bahwa selain unggul di bidang akademik, siswa   juga unggul di bidang seni. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan sebuah ruang kepada siswa untuk berkreatifitas serta menunjukkan potensi diri, minat dan bakat mereka . Mudah –mudahan kegiatan  ini terus berlanjut dan berimbas ke sekolah-sekolah lainnya  untuk terpacu  dalam mengembangkan kreatifitas siswa yang ada di Kabupaten Buleleng.


Lebih lanjut lagi, Bupati Agus Suradnyana menyampaikan bahwa peran Kepala sekolah dan guru dalam  keikutsertaannya melakukan pembinaan, bimbingan terhadap siswa sehingga siswa bisa menuangkan ide-ide kreatifnya dan bisa menghasilkan karya maupun produk yang berkualitas. 


Hal tersebut disampaikan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, S.T saat  hadir memberikan sambutan dan membuka kegiatan pameran panen hasil karya siswa di SMP N 1 Singaraja, Selasa, 26/4/22 didampingi Kepala Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Bupati Buleleng sebagai tanda pameran panen hasil karya siswa secara resmi dibuka.Pameran kali dilaksanakan di aula gedung Truna Jaya SMP N 1 Singaraja berlangsung dari hari Selasa 26 April 2022 sampai dengan Kamis 28 Mei 2022. Pameran kali ini  memajang hasil karya siswa diantaranya Lukisan sebanyak 40 buah, bau lukis sebanyak 7 buah, patung sebanyak 28 buah, karya tanah liat sebanyak 41 buah, karya sulam sebanyak 18 buah, komik sebanyak 12 buah, poster sebanyak 14 buah, cetak tera sebanyak 24 buah, dan cetak saring sebanyak 15 buah .Untuk pembiayaannya berasal dari dana BOS dan sumbangan orang tua siswa.


Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M menyampaikan bahwa kegiatan ini  adalah sebagai bagian dari project Profil Pelajar Pancasila dan sekolah penggerak dari Kemendikbudristek yang pada prinsipnya kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan visi Pendidikan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian  melalui terciptanya Pelajar Pancasila.” Selamat kepada SMP N 1 Singaraja hari ini telah melaksanakan kegiatan Pameran Panen Hasil Karya Siswa, tentu ini tidak lepas dari kerja keras Kepala Sekolah, Guru  untuk terus membina dan mengarahkan siswa  sehingga siswa - siswi kita  bisa memberikan hasil kerja atau aksi nyata yang diwujudkan dalam berbagai macam produk “. Ungkap Made Astika.


Lebih lanjut, Kepala SMP N 1 Singaraja, Dra Putu Karnadi M.Si  mengungkapkan bahwa kegiatan pameran Hasil karya siswa ini mengususng tema  Constellation: “The Beginning” yang memiliki arti kecantikan yang paripurna.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan, membangkitkan semangat, apresiasi dan kreatifitas bagi siswa untuk berkarya seni yang materinya terdapat pembelajaran seni budaya khususnya di seni rupa.Selain itu, untuk melatih siswa bekerja kelompok dan berorganisasi sehingga siswa menjadi lebih mandiri dan lebih bertanggung jawab sehingga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan dan apresiasi seni bagi sisa SMP N 1 Singaraja dan masyarakat Umum.


Perlu diketahui bersama bahwa, sebelumnya  siswa telah merancang pengerjaan proposal, konsep dan rancangan biaya pameran seni dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dimulai dari tanggal 11 April 2022.Pameran ini memeamerkan hasil karya siswa siswi kelas VII, VIII, dan IX yang dikumpulkan dari awal semester ganjil serta materi hasil karya siswa sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan di masing- masing kelas tersebut.Pameran Kreatifitass seni siswa ini merupakan  hasil karya tugas praktek dari materi pembelajaran seni budaya. Dalam Kegiatan ini juga hadir perwakilan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buleleng, Kepala Stasiun RRI Singaraja, Tri Utami Setyawati, para Kepala Sekolah SMP se-Kecamatan Buleleng.