(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR PEMBENTUKAN SATUAN KARYA WIDYA BUDAYA BHAKTI

Admin disdikpora | 22 Januari 2021 | 143 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR PEMBENTUKAN SATUAN KARYA WIDYA BUDAYA BHAKTI
Singaraja, 22 Januari 20201|DISDIKTODAY
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng hari ini menggelar Pembentukan
Satuan Karya Widya Budaya Bhakti (SWBB) bertempat di Aula Dinas, (22/1/21). Seijin Kepala Disdikpora Buleleng, pertemuan kali ini dipimpin oleh PLT. Sekdisdikpora, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P.Lebih lanjut, Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar bahwa pada tanggal 15 Januari 2021 Disikpora Buleleng diundang oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Buleleng untuk membentuk Kesakaan.Kesakaan ini dibentuk serangkaian adanya pergantian pengurus gerakan Pramuka Kabupaten Buleleng.

Perlu diketahui bersama, Disdikpora Kabupaten Buleleng merupakan perpanjang dari Saka Widya Budaya Bakti. Saka Widya Budaya Bhakti merupakan saka yang diampu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.Kesakaan ini adalah sinergi dari Pendidikan dan Kebudayaaan dalam satu wadah satuan karya pada gerakan Pramuka.Sebagai mana amanat Undang-undang kepramukaan kewajiban Disdikpora meranahi dari anak usia dini sampai dengan kepemudaan tingkat Penegak dan pandega. Terlebih lagi, Saka Widya Budaya Bakti bertujuan mempercepat tuntasnya program-program pendidikan nonformal yang benar-benar tepat sasaran sesuai potensi lokal. Artinya, pelaksanaannya melibatkan anggota pramuka yang tergabung dalam SWBB, untuk menggeluti program pendidikan nonformal, seperti pendidikan anak usia dini (PAUD), keaksaraan fungsional, taman bacaan masyarakat, dan pendidikan kesetaraan.

Sementara itu ,untuk di daerah Kabupaten Buleleng ada dua Dinas yang mengampu kesakaan diantaranya Disdikpora Buleleng dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.Untuk pedoman kesakaan Widya Budaya Bhakti ada 7 Krida, dimana 3 krida awal diperuntukan untuk Disdikpora Kabupaten Buleleng dan 4 krida bagian dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.

Selanjutnya pada sesi diskusi kegiatan dipandu oleh Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd., yang menyampaikan bahwa ada 3 krida yang ada dan menjadi tanggung jawab Disdikpora Buleleng berada di bawah naungan PAUD Disdakmen .Setelah melakukan diskusi dapat disepakati unsur yang ada pada Struktur Satuan Karya Widya Budaya Bhakti (SWBB) terkait di Krida Anak Usia Dini (AUD), Krida Life Skill serta Krida Pendidikan Masyarakat (DIKMAS).Unsur yang dimaksud antara lain adalah yang pertama Pamong Saka (Ketut Suarmika Jaya, S.Pd, Putu Sri Ayu Padmi, S.Pd), yang kedua Instruktur pada Krida PAUD (Desak Putu Sriyulistyawati, S.Pd AUD, I Nyoman Sadiawan, S.Pd), yang ketiga Instruktur pada Krida DIKMAS (Nyoman Cahyadi, S.Pd, I Gusti Ketut Seri Rai Wiryasni, S.Pd), dan yang terakhir Instruktur pada Krida Life Skill (Ir. A.A Ngurah Adi Jaya, MM.Kom, Made Somenarti, S.Pd).

Tindak lanjut dari Kesepakatan ini akan diteruskan dan ditindaklanjuti bersama Dinas Kebudayaan untuk berkolaborasi sehingga nantinya semua Krida akan berada dalam satu wadah yaitu Satuan Karya Widya Budaya Bhakti. Sedangkan Kesimpulan dari rapat ini adalah terbentuknya kesepakatan dan komitmen bersama untuk ikut berperan aktif dalam SWBB melalui Krida sesuai lingkup kerja DISDIKPORA melalui Krida Anak Usia Dini (AUD), Krida Life Skill serta Krida Pendidikan Masyarakat (DIKMAS).Dalam kegiatan ini turut mengundang Kepala SPNF SKB Buleleng, Ketua Forum LKP Kabupaten Buleleng, Ketua IGTKI Kabupaten Buleleng dan Peserta KMD 2020.