(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

ANBK MENYASAR PAKET A SETARA SD, PAKET B SETARA SMP DAN PAKET C SETARA SMP

Admin disdikpora | 26 Agustus 2024 | 474 kali

ANBK MENYASAR PAKET A SETARA SD, PAKET B SETARA SMP DAN PAKET C SETARA SMP 


Singaraja, Minggu 26 Mei 2024 l DISDIKTODAY

Pendidikan Kesetaraan merupakan jalur pendidikan non formal yang dapat diakui setara dengan pendidikan formal apabila telah melalui seluruh tahapan yang di persyaratkan peraturan perundang-undangan. Ketentuan umum bagi peserta didik dinyatakan lulus pada program kesetaraan jika yang bersangkutan telah menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan dari tahap administrasi kepesertaaan, proses dan penilaian. Selain itu, ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu pendidikan baik itu paket A, paket B dan paket C, ANBK juga menilai kinerja dari lembaga pendidikan. Dari ANBK pemerintah bisa membaca bagaimana kualitas lembaga yang melakukan ANBK tersebut. Dapat dikatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan ANBK adalah untuk menilai kinerja lembaga pendidikan.


Dalam kesempatan tersebut hadir Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd.M.Pd., bersama Kasi Kurikulum dan Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, SP.M.Pd, dan seluruh staf seksi Kurikulum Peserta Didik PAUD-PNF meninjau tempat ANBK.                                                                                                                                                  

                                                                                                                                                                                                Dari informasi dilapangan,  Peserta Didik yang mengikuti ANBK dengan rincian peserta, Peserta Paket B setara SMP berjumlah 65 orang dan Peserta Paket C setara SMA berjumlah 176 Untuk ANBK  Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2024/2025, dari beberapa lembaga seperti SPNF SKB, PKBM INCLUDE US BALI, PKBM WIDYA AKSARA, PKBM LESTARI, PKBM HASTA KRIA melaksanakan ujian langsung ditempat lembaga pelaksana. Sedangkan lembaga pelaksana seperti PKBM WIDYA DHARMA, PKBM PUSPITA JAYA, PKBM  AMARTHA YOGA, PKBM SARI MERTHA, PKBM WIDYA BHAKTI PERTIWI melaksanakan ANBK dengan meminjam tempat di beberapa Sekolah. Kehadiran ANBK berjumlah 173 Orang, tidak hadir berjumlah 3 Orang dengan alasan tidak bisa meninggalkan pekerjaan (tidak dapat ijin).