(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG PAPARKAN PRAKTEK BAIK PENGUATAN KARAKTER DALAM DKT PUSPEKA

Admin disdikpora | 26 Mei 2023 | 794 kali

DISDIKPORA BULELENG PAPARKAN PRAKTEK BAIK PENGUATAN KARAKTER DALAM DKT PUSPEKA


Seminyak, Kuta 26 Mei 2023 |DISDIKTODAY

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng  Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., MAP bersama Staf Perencana Teddy Hariawan, S.I.Kom., MAP seizin Kepala Dinas mengikuti Diskusi Kelompok Terpimpun (DKT) di Seminyak, Kuta - Bali.


DKT diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) berlangsung 25 - 27 Mei 2023. Diskusi digelar bersama ekosistem pendidikan sebagai upaya dalam menggelorakan Profil Pelajar Pancasila, inklusivitas dan kebinekaan, serta penuntasan isu tiga dosa besar pendidikan yaitu Intoleransi, Perundungan dan kekerasan seksual. 


Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti, MA., Ph.D dalam  sambutan pembukaannya secara daring menyampaikan bahwa penguatan karakter merupakan ruh dari pendidikan Indonesia yang tidak terbatas pada kompetensi intelektual. Generasi bangsa harus memiliki pengetahuan dan pemahaman intelektual disertai karakter yang kuat berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Untuk menjadikan Indonesia semakin hebat, penguatan karakter di lingkungan pendidikan membutuhkan kolaborasi dan gotong-royong semua lapisan ekosistem pendidikan, mulai dari satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, keluarga, dan masyarakat.


Sementara Kepala Puspeka Kemendikbudristek  Rusprita Putri Utami, SE.,MA saat memberikan laporan menyampaikan melalui DKT ini diharapkan seluruh lapisan ekosistem pendidikan akan dapat mengimbaskan implementasi materi penguatan karakter kepada satuan pendidikan yang ada di bawah kewenangan dinas pendidikan dan juga kepada masyarakat luas. 


Kepala Puspeka menegaskan "Tidak hanya itu, daerah juga kita minta untuk melakukan sosialisasi dan kolaborasi program dengan komunitas terutama mengenai implementasi penguatan karakter," imbuh Rusprita.

Dia menyatakan, tujuan utama kegiatan DKT Penguatan Karakter bersama Ekosistem Pendidikan adalah untuk menyebarluaskan materi-materi penguatan karakter sekaligus melakukan survei implementasi penguatan karakter, baik di Pemerintah daerah, satuan pendidikan maupun di lingkungan masyarakat.


Kegiatan DKT yang diikuti Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kota se Bali, NTB, NTT serta Maluku dan Sulawesi  tersebut melibatkan ekosistem pendidikan, yaitu para pemangku kepentingan pendidikan diantaranya perguruan tinggi, BPMP, BGP dan Komunitas pemerhati pendidikan penguatan karakter.


Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng mewakili Provinsi Bali menyampaikan paparan Praktek Baik Implementasi Penguatan Karakter di Kabupaten Buleleng yang telah dilaksanakan secara bersinergi dengan instansi terkait dan komunitas. Penguatan Karakter di satuan pendidikan diawali dengan ditetapkannya Perbup 48/2019 tentang Pendidikan Antikorupsi hingga dilaksanakan berbagai IHT dan inovasi yang bermuara pada peningkatan pemahaman pendidik akan pentingnya pendidikan karakter menjadi tanggung jawab bersama lintas mapel dan komunitas pendidikan di satuan pendidikan. 


DKT juga memamerkan hasil karya siswa dan upaya sekolah dalam implementasi penguatan karakter terpilih yaitu, SMAN 1 Wonosari, Gunung Kidul Yogyakarta bersama SMKN 3 Singaraja.