(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG: GURU DIHARAPKAN MAMPU MENGELOLA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK.

Admin disdikpora | 25 Januari 2021 | 119 kali

KADISDIKPORA BULELENG: GURU DIHARAPKAN MAMPU MENGELOLA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK.

Singaraja, Senin 25 Januari 2021|DISDIKTODAY
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M hari ini secara resmi membuka Workshop Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) Dan Programme For International Student Assessment (Pisa)”,bertempat di Bali Taman Beach Resort and Spa, Desa Tukad Mungga, Senin ,(25/1/21).

Dalam Sambutan kegiatan, Kepala Disdikpora Buleleng menyampaikan bahwa Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong sekolah dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Sejalan dengan Asesmen Nasional, PISA (Programme for International Student Assessment) sebagai suatu studi internasional di bidang pendidikan, memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan data-data perkembangan pendidikan secara akurat serta untuk mengetahui kekurangan suatu sistem pendidikan sehingga dapat dilakukan perbaikan yang efektif.

Lebih lanjut lagi, Fokus studi PISA adalah literasi membaca, literasi matematika, serta non kognitive lainnya yang berhubungan dengan kebijakan pendidikan. Fokus studi PISA inilah yang menjadi salah satu dasar dikembangkannya Asesmen Nasional meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Sehingga dengan demikian diharapkan instrumen Asesmen Nasional mampu merubah paradigma pembelajaran menarah kepada pembelajaran yang berbasis kontekstual dan problem solving.

Terkait hal tersebut , salah satu kebijkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan pelatihan kepada para gurunya sehingga diharapkan mampu mengelola pembelajaran untuk meningkatkan kualitas literasi dan numerasi peserta didik. Melalui kegiatan Workshop Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) dan Programme for International Student Assessment (PISA) ini diharapkan mampu menjadi landasan pacu bagi setiap stakholder pendidikan untuk bekerja lebih keras lagi demi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng.

Perlu diketahui bersama kegiatan ini diakomodir oleh Bidang PSMP, tepatnya pada seksi kelembagaan Kurikulum SMP Disdikpora Kabupaten Buleleng. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini diikuti perwakilan guru dari 74 Sekolah Negeri dan Swasta. Dan berlangsung selama 5 hari dimulai dari tanggal 25 sampai dengan 29 Januari 2021. Dalam kegiatan ini turut hadir oleh Asisten Administrasi Setda Kabupaten Buleleng I Putu Karuna, SH, Kabid PSMP, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd ,Kasi Kurikulum SMP , I Gusti Ngurah Agung Sukrisna, S.Sn, Korwas,MKPS SMP, MKKS SMP dan Unsur SKPD .