(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAPAT PENYUSUNAN PETA PROSES BISNIS

Admin disdikpora | 05 Desember 2022 | 356 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAPAT PENYUSUNAN PETA PROSES BISNIS

Singaraja, Senin 5 Desember 2022 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melaksanakan rapat  Penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah bertempat di aula kantor dinas, senin, 5/12/22.


Seijin Kadisdikpora Buleleng, rapat dipimpin oleh Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P didampingi Sub kor Perencanan Gede Wardana, S.Kom. Dalam rapat tesebut dijelaskan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan tersebut mengacu pada  PermenpanRB Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah yang telah ditindaklanjuti dengan telah dilaksanakannya beberapa kegiatan dalam rangka penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah dilingkungan kerja Disdikpora Kabupaten Buleleng. 


Peta proses bisnis Disdikpora Kabupaten Buleleng nantinya akan mengacu pada dokumen rencana strategis dan rencana kerja. Bidang PAUD dan PNF, Bidang PSD, Bidang PSMP, Bidang GTK serta  Bidang Pemuda dan Olahraga nantinya akan menyusun Peta proses bisnis Disdikpora Kabupaten Buleleng sesuai dengan bidang terkait yang nantinya dikoordinir oleh Kesekretariatan melalui Subkor Perencanaan.Untuk diketahui, berdasarkan PermenpanRB Nomor 19 Tahun 2018 Peta proses Bisnis merupakan diagram yang menggambarkan  hubungan kerja yang efektif & efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi agar menghasilkan keluaran yg bernilai tambah bagi pemangku kepentingan.


Kelebihan dan keuntungan penyusunan peta proses bisnis adalah sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas dan fungsi secara efektif dan efisien, selanjtnya  merupakan standar pelaksanaan pekerjaan, Mampu menggambarkan logika proses secara lebih eksplisit, dan kaya arti sehingga siapapun yang membaca peta proses bisnis dapat memahami dan memaknai artinya tanpa ada interpretasi ganda, serta Hasil peta proses yang disusun menjadi sebuah dokumen terintegrasi yang mudah diakses.