(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG: SEKOLAH PUNYA PERAN PENTING DALAM PENCEGAHAN HIV/AIDS DAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Admin disdikpora | 18 April 2022 | 265 kali

KADISDIKPORA BULELENG:  SEKOLAH PUNYA PERAN PENTING DALAM PENCEGAHAN  HIV/AIDS DAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA


Gerokgak, Senin 18 April 2022 | DISDIKTODAY

Mewakili Asisten I Setda Kabupaten Buleleng, Pagi ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M menghadiri  serta membuka secara resmi roadshow Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dan Sosialisasi HIV/AIDS dan Narkoba bertempat di SMP N 2 Gerokgak, Senin 18/4/22.


Dalam Pembacaan sambutan dapat disampaikan bahwa kegiatan ini dirasa sangat penting  dan  bagian dari sebuah edukasi  bagi kita semua termasuk juga kepada siswa siswi kita di Buleleng.Roadshow ini adalah  sebagai upaya pencegahan untuk memproteksi para pelajar dan generasi muda dari bahaya narkoba dan HIV / AIDS, Karena Narkoba dan AIDS merupakan ancaman kehidupan yang merusak pelajar, maka menurutnya perlu upaya pencegahan sejak dini bahaya pengaruh narkoba dan penyakit HIV / AIDS di kalangan pelajar, dan upaya mencegah bahaya Narkoba dan HIV / AIDS membutuhkan penanganan yang terintegrasi dan menyeluruh.  


Selain itu Kadisdikpora Buleleng juga menegaskan bahwa, masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa. Perkembangan seseorang dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut di masa dewasa. Karena itulah bila masa anak-anak dan remaja rusak karena narkoba, maka suram atau bahkan hancurlah masa depannya. Maka dari pada itu perlunya pengawasan, bimbingan serta kepedulian dari semua pihak  terutama sekolah dan orang tua untuk tetap mengawal anak didik kita agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan Narkoba dan HIV/AIDS. Sementara itu, peran Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN) dalam upaya penyebaran informasi HIV/AIDS juga harus di gerakkan.  Semua siswa harus meningkatkan kepedulian baik melalui penyebaran informasi dan ikut terlibat di dalam pencegahan HIV/AIDS dan bahaya narkoba baik bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat sekitarnya.”ucap Made Astika.



Sementara itu, secara teknis materi HIV/AIDS dan Narkoba akan dijelaskan dari perwakilan Kejaksaan Negeri Buleleng dan BNNK Buleleng dan tentu harapan kedepan melalui sosialisasi ini serta sinergitas dan dukungan dari semua pihak bisa  menekan dan menanggulangi pencegahan dan penularan penyakit HIV / AIDS  serta bahaya Narkoba. Kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa siswa sekolah yang ada diwilayah Kecamatan Gerokgak baik dari Kepala Sekolah, Guru, dan KSPAN.