(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

“NAGEM DEWASA” AWALI UPACARA PECARUAN BALIK SUMPAH LAN PEMELASPASAN TUGU SARASWATI KANTOR DISDIKPORA BULELENG

Admin disdikpora | 07 September 2022 | 453 kali

“NAGEM DEWASA” AWALI UPACARA PECARUAN BALIK SUMPAH LAN PEMELASPASAN TUGU SARASWATI KANTOR DISDIKPORA BULELENG  

Singaraja, Rabu 7 September  2022 | DISDIKTODAY

Serangkaian Susunan Upacara Balik Sumpah lan Melaspas Tugu Saraswati di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, hari ini keluarga besar Disdikpora Kabupaten Buleleng melaksanakan Upacara  Nagem Dewasa, Rabu 7/9/22.


Kegiatan ”Nagem Dewasa” yang dimulai pukul 09.00 Wita itu dipuput oleh Ida Pedanda Gede Giri Purna Arsa sareng Ida Pedanda Istri Kemenuh Saking Griya Semburu Jagaraga. Prosesi ini diisi dengan persembahayangan bersama yang dihadiri  Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M, Sekretaris Dinas, Para Kabid, Kasi – Subkor serta seluruh karyawan dan karyawati. Rangkain susunan upacara dilaksanakan, diawali hari ini dilaksanakan prosesi nagem dewasa/newasin Karya.


Seluruh karyawan/Karyawati dari Seksi Upakara dilibatkan untuk membantu prosesi yadnya kali ini.Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan Mekarya Wagunan Upacara, Sanggar Agung, Lebuh, Penjor Pemeosan, tenda gong, tenda wayang, tenda pemedek, genah banten, genah tirta.


Untuk hari kamis besok tanggal 8 September 2022  pada pukul  09.00 wita dilanjutkan dengan kegiatan ngulemin dane jro mangku kayangan pacang  matur piuning. Sedangkan dihari jumat, 9 September 2022 dilanjutkan dengan kegiatan mapiuning lan nunas tirta , mepepade lan  mebat. Perlu diketahui bersama bahwa Puncak Upacara Balik Sumpah lan Melaspas Tugu Saraswati di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng  jatuh pada Purnama katiga, Saniscara Wage Prangbakat, Sabtu 10 September 2022.