(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUKA WORKSHOP ILMU KEPELATIHAN, KADISDIKPORA INGIN ADA PERSAMAAN PERSEPSI DALAM PEMBINAAN ATLET

Admin disdikpora | 18 Oktober 2022 | 415 kali

BUKA WORKSHOP ILMU KEPELATIHAN,  KADISDIKPORA INGIN ADA PERSAMAAN PERSEPSI DALAM PEMBINAAN ATLET 

Singaraja, Selasa 18 Oktober 2022 l DISDIKTODAY

Seratus lebih guru olahraga jenjang SD dan SMP Negeri dan Swasta di kabupaten Buleleng hari ini mengikuti workshop peningkatan keterampilan guru Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK) terhadap ilmu kepelatihan bertempat di hotel Bali taman, Tukadmungga, 18/10/22.



Kepada Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M.M saat hadir sekaligus membuka acara secara resmi dalam sambutannya  menyampaikan bahwa kegiatan ini pertama kali dilakukan kepada guru Olahraga di Kabupaten Buleleng. Hal ini sebagai upaya menyatukan guru olahraga, tentu tujuan utama untuk meningkatkan teori kepelatihan agar apa yang diperoleh saat pelatihan dapat di aplikasikan kepada pelajar di Buleleng. " Pelatihan ini juga memberikan sebuah kepahaman yang sama terhadap pembinaan nantinya. Sejalan dengan hal tersebut guru - guru banyak berperan dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi Bali maupun pada Pekan Olahraga Pelajaran (Porjar), kesempatan ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik dan di terapkan secara baik kedepannya. Langkah ini juga menjadi pionir maupun dasar keterampilan para guru untuk meningkatkan prestasi atlet itu sendiri. 

Semua insan  Guru olahraga ikut serta dalam mensukseskan berbagai pekan olahraga yang digelar oleh pemerintah. Terutama terkait dengan Porjar bapak ibu guru olahraga tentu menjadi pionir dalam melakukan pelatihan, pembinaan terhadap atlet - atlet yang ada di satuan Pendidikan hingga terlahir sebuah prestasi."Ungkap Kadisdikpora Buleleng. 


Disisi lain, dari laporan Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S. Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga khususnya Seksi Bidang Pembibitan dan Prestari Olahraga dilaksanakan selama 3 ( tiga) hari dimulai dari tanggal 18, 19 dan 20 Oktober 2022.


Secara teknis kegiatan dilaksanakan dalam tiga gelombang dengan rincian pada gelombang pertama sebanyak 36 orang dari kecamatan Buleleng diikuti jenjang SD 9 orang, SMP 3 orang, Kecamatan Tejakula untuk jenjang SD 9 orang, SMP 3 orang dan Kecamatan Kubutambahan dari jenjang SD 9 orang dan SMP 9 orang. 


Untuk Gelombang kedua berjumlah 36 orang terdiri dari Kecamatan Sawan dari jenjang SD 9 orang, SMP 3 orang, Kecamatan Sukasada jenjang SD 9 orang dan SMP 3 orang, serta Kecamatan Banjar jenjang SD 9 orang dan SMP 3 orang. 


Sementara itu, di Gelombang terakhir atau gelombang ketiga diisi oleh kecamatan Seririt dari jenjang SD 9 orang dan SMP 3 orang, Kecamatan Busungbiu dari jenjang SD 9 orang dan SMP 3 orang serta Kecamatan Gerokgak dari jenjang SD 9 orang dan SMP 3 orang. 


Untuk lebih memantapkan acara, Disdikpora Buleleng menghadirkan narasumber dari FOK Undiksha Singaraja diantaranya Made Agus Darmadi, M. Pd dan Ketut Candra Adinata Kusuma, S. Pd, M. Pd. Lebih lanjut, tujuan dari kegiatan workshop tiada lain guna dapat membekali Guru - Guru PJOK untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan ilmu kepelatihan Olahraga, sehingga pembinaan dan latihan kepada siswa melalui ekstrakurikuler di sekolah berjalan dengan baik. 


Kedepan setelah kegiatan ini berakhir, diharapkan Guru - Guru Olahraga dapat memberikan pembinaan keolahragaan yang bertahap dengan pemantauan dan pemandu bakat yang pada akhirnya pengembangan peningkatan prestasi olahraha pelajaran di Kabupaten Buleleng dapat meningkat secara signifikan. 


Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua Umum KONI Kabupaten Buleleng, Ketut Wiratmaja, S. H,  beserta jajaran, dari Disdikporq Kabupaten Buleleng terdiri dari  Kasi Binpres Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S. Sos, Kasi Pemuda, Trisnayanti, Kasi Sarpras Pemuda Olahraga, I Putu Kulawarma, S. Sos serta undangan lainnya.