(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUPATI BULELENG BUKA JAMBORE CABANG DAN PENGUATAN KAPASITAS SATUAN TUGAS PRAMUKA KWARTIR CABANG GERAKAN BULELENG

Admin disdikpora | 29 Oktober 2021 | 211 kali

BUPATI BULELENG BUKA JAMBORE CABANG DAN PENGUATAN KAPASITAS SATUAN TUGAS PRAMUKA KWARTIR CABANG GERAKAN BULELENG


Kubutambahan, Jumat 29 Oktober 2021 l DISDIKTODAY

Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M secara resmi  membuka Kegiatan  Jambore  Cabang dan penguatan kapasitas satuan tugas pramuka peduli kwartir cabang gerakan Buleleng, bertempat di SMA Bali Mandara, jumat 29/10/21.



Kadisidkpora Buleleng saat membacakan sambutan Bupati Buleleng menyampaikan bahwa dimasa pandemi covid - 19 kegiatan kepramukaan tidak boleh diam dan harus selalu berinovasi untuk bisa berkontribusi khususnya peningkatan Pendidikan  karakter melalui Pendidikan  kepramukaan. Gerakan pramuka sebagai wadah Pendidikan non formal untuk menghasilkan kader bangsa yang tangguh dan handal di masa depan. 



Dengan adanya  jambore cabang Buleleng ke VII dengan tema " Terampil, berakhlak dan berintegritas"  sebagai salah satu gerakan pramuka untuk terus bergerak mengajak generasi muda untuk ikut pramuka yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. 


Pelaksanaan kegiatan Jambore ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat termasuk peserta semuanya sudah dilakukan tes rapid anti gen. Disisi lain Kadisdikpora Buleleng  menegaskan agar kepala sekolah dimasing - masing satuan Pendidikan turut membantu berpastisipasi dalam kegiatan Jambore seperti ini. Pembinaan terhadap siswa siswi kita di kepramukaan juga diharapkan mulai di persiapkan terkait akan adanya Jambore Provinsi dan Jambore Nasional di tahun 2022.


Sementara itu laporan dari ketua panitia, Ketut Susila Widiarsana menyampaikan bahwa dari kegiatan secara virtual yang dilaksanakan pada tanggal 22 - 23 Oktober 2021 diikuti oleh 650 peserta yang terdiri 583 pramuka Penggalang dan 67 pembina pramuka se- kwartir cabang Buleleng. Sedangkan Jambore cabang terbatas yang dilaksanakan hari ini dalam bentuk perkemahan diikuti oleh perwakilan masing - masing kwartir ranting sebanyak 8 orang dan 2 Pembina pendamping sehingga keseluruhan peserta berjumlah 90 peserta dan pembina pendamping. 


Sementara itu, bentuk pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan pola perkemahan terbatas yang dilaksanakan selama tiga hari 2 malam Dimulai dari 29 sampai dengan 30 Oktober 2021.Kegiatan ini difokuskan pada pengembangan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial. Selain itu materi lebih mengacu kepada kebencanan dengan materi mitigasi bencana, pramuka peduli, dapur umum, manajemen api kemudian bagaimana evakuasi korban bencana dan pertolongan pertama. 


Sekretaris Kwarda Pramuka Provinsi Bali, Nyoman Ariawan yang turut hadir memberikan apresiasi kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng karena telah melaksanakan Jambore ke tujuh. Dimasa Pandemi ini Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng yang pertama melaksanakan kegiatan ini. Semoga apa yang menjadi harapan  dan tujuan bersama  atas pelaksanaan Jambore ini bisa terwujud. 


Jambore ini  juga diharapkan memberikan semangat baru, sekaligus meningkatkan kembali tentang tuas dan tanggung jawab bersama terhadap kemajuan gerakan Pramuka di Kabupaten Buleleng, guna meningkatkan SDM generasi muda Buleleng agar mampu menghadapi berbagai tuntutan perjuangan jaman untuk mewujudkan Kabupaten Buleleng yang maju dan sejahtera.