(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG DORONG PENGAWAS DAMPINGI SEKOLAH GUNA TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 01 April 2024 | 1225 kali

KADISDIKPORA BULELENG DORONG PENGAWAS DAMPINGI SEKOLAH GUNA TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN


Gerokgak, Senin 1 April 2024 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., membuka secara resmi Penyelarasan Kompetensi Pengawas bersama Kepala Sekolah SD Se - Kecamatan Gerokgak bertempat di SD N 1 Musi, Kecamatan Gerokgak, Senin (1/4).


Dalam sambutan dan arahan, Kadis Astika menyampaikan bahwa sesuai dengan kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-15 membahas mengenai optimalisasi tugas dan fungsi pengawas sekolah. Episode tersebut bertujuan untuk mewujudkan layanan pembelajaran yang berkualitas dan berpusat pada peserta didik.


Perubahan paradigma peran pengawas sekolah menjadi salah satu agenda perubahan yang diperlukan untuk mendukung langkah transformasi untuk mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui siklus pendampingan. Pendampingan yang dimaksud adalah kegiatan Pengawas Sekolah membersamai Kepala Sekolah dalam peningkatan kapasitas dan mutu layanan Satuan Pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan strategi serta metode yang relevan.


Kadis Astika juga berpesan, melalui kegiatan ini bisa memberikan dampak peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Gerokgak. "Lewat peran yang baru ini, pengawas sekolah diharapkan untuk semakin menguatkan kontribusi aktifnya dalam membersamai kepala sekolah meningkatkan komitmen perubahannya. Dengan demikian, pendampingan yang dijalankan oleh pengawas sekolah bisa lebih berdampak dengan mendorong kesadaran refleksi dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi sekolah dengan tujuan utama peningkatan kualitas pembelajaran bagi peserta didik." Pungkasnya.


Perlu diketahui ketahui bersama bahwa kegiatan ini dihadiri Pengawas Sekolah sekaligus Korwil Disdikpora Kecamatan Se - Kabupaten Buleleng dan mengundang Kepala Sekolah Dasar Se - Kecamatan Gerokgak.