(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT PEMILIHAN PENGURUS ANGGOTA DEWAN PENDIDIKAN KABUPATEN BULELENG TAHUN 2022-2027

Admin disdikpora | 12 Mei 2022 | 634 kali

RAPAT PEMILIHAN PENGURUS ANGGOTA DEWAN PENDIDIKAN KABUPATEN BULELENG TAHUN 2022-2027


Singaraja, Kamis 12 Mei 2022 | DISDIKTODAY

Dr. I Made Sedana, S. Pd, M. Pd  terpilih menjadi Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng yang baru  setelah memenangkan voting sebanyak 6 suara dari Dra. Ni Ketut Karnadhi, M. Si   memperoleh 5 suara dari total 11 orang yang melakukan voting yang di pandu oleh Drs. I Gede Duniawan, M.Pd .Sebelumnya kedua kandidat calon tersebut dipersilahkan untuk memaparkan visi misi calon berdasarkan karya tulis yang dilampirkan saat mendaftar menjadi calon anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng. Kegiatan rapat pemilihan pengurus anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng periode 2022-2027  dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng bertempat di rumah makan ranggon sunset, pantai penimbangan, Singaraja, Kamis 12/5/22.


Seijin Kepala Disdikpora Kabupaten buleleng kegiatan dibuka oleh sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P didampingi subkor Perenecanaan, Gede Wardana, S.Kom memaparkan secara singkat mengenai dasar terbentuknya dan alasan melaksanakan pemilihan Dewan Pendidikan yang baru. Dasar Hukum tentang Dewan Pendidikn Kabupaten buleleng adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (untuk selanjutnya disebut sebagai 'UU Sisdiknas') terkait tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Tujuan terbentukanya Dewan pendidikan itu adalah mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan yang kedua meningkatkan tanggung jawab dan peran serta aktif Dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan yang ketiga menciptakan suasana dan kondisi yang transparan akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu berikutnya fungsi dari dewan pendidikan itu dewan pendidikan berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan arahan dan dukungan tenaga sarana dan prasarana serta pengawasan pendidikan pada tingkat kabupaten/kota.



Selanjutnya, di sela-sela  agenda yang begitu padat Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M menyempatkan hadir guna menyaksikan pemilihan pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng.Seusai acara Kadisdikpora Kabupaten Buleleng  menyampaikan selamat kepada Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng terpilih.“Hari ini merupakan agenda pemilihan pengurus anggota  Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng periode tahun 2022 – 2027.Harapan kedepan  kepada engurus yang terbentuk bisa bersinergi dan bekolaborasi dengan Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam mengawal pendidikan di Buleleng agar lebih maju .Selain itu, komunikasi intens dengan Disdikpora kabupaten Buleleng terus berjalan, karena sesuai dengan tupoksi Dewan Pendidikan Buleleng diantaranya memberikan masukan, pengawasan penyelenggaraan pendidikan yang ada di Buleleng.Untuk periode lima tahun kedepan keanggotaannya diharapkan diberikan tugas oleh Ketua Dewan Pedidikan agar mengawal pendidikan di sembilan kecamatan yang ada di Buleleng. Hal ini diyakini  jika adanya kehadiran dewan pendidikan di masing- masing kecamatan akan membantu  satuan-satuan  pendidikan atau penyelenggara pendidikan  tidak ada yang tertinggalkan tentu dengan komitmen bersama untuk meajukan pendidikan di Buleleng.” Ungkapnya. 


Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng terpilih, Dr. I Made Sedana, S. Pd, M. Pd  ,  mengungkapan bahwa “kedepan Dewan Pendidikan adalah sebuah organisasi yang independen yang mana tujuan terbentuknya adalah memberikan sebuh pertimbangan, masukan termasuk memberikan suport di  bidang-bidang tertentu pada Disdikpora Kabupaten Buleleng.Ketika nantinya melaksanakan tugas stelah pengukuhan, maka Dewan Pendidikan intinya adalah menyerap aspirasi dan melakukan  konsolidasi  terhadap beberapa hal yang menjadi persoalan - persoalan pendidikan.Prinsip Dewan Pendidikan adalah sebagai sebuah wadah menerima aspirasi dan masukan masyarakat untuk bisa di eksekusi oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng tentu sinergitas harus tetap terjaga.Mengenai dengan program prioritas  masih memfokuskan dual hal diantaranya  yang pertama masih berkutak dengan delapan standar tentang kualitas pendidikan dan aksessibilitas  pendidikan yang layak bagi anak – anak sesuai dengan perundang-undangan.” Jelasnya


Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh pengurus anggota Dewan Pendidikan Kabupaten yang lolos pada tahap seleksi dan sudagh terpilih menjadi anggota baru.Lebih lanjut untuk penyusuan AD/RT Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng akan dilaksanakan setelah dilakukan pengukuhan oleh Bupati Buleleng yang direncanakan akan dikukuhkan pada  bulan Meni ini.